Berbagai Hal yang Perlu Diketahui Terkait Infeksi Virus Zika!

Hingga saat ini, infeksi virus zika masih menjadi perhatian dunia. Selain berbahaya bagi ibu hamil karena ditengarai dapat menyebabkan microchepaly pada bayi, infeksi virus zika juga dapat membahayakan orang dewasa. Meski awalnya menyerang Brazil, kini infeksi virus zika ditengarai telah sampai di Indonesia. Apa saja hal penting yang perlu diketahui terkait virus zika? Berikut beberapa diantaranya!

Tentang Virus Zika

Digigit Nyamuk

Digigit Nyamuk pixabay

Virus zika merupakan jenis virus yang dibawa oleh nyamuk Aedes aegypti, Aedes albopictus ataupun nyamuk macan Asia yang dicirikan dengan ciri garis putih. Karena media pembawanya bukan merupakan binatang asing, sebisa mungkin hindarkan Anda dan keluarga dari kontak nyamuk, baik saat berada di dalam maupun luar rumah.

Tanda Infeksi yang Patut Diwaspadai

Ilustrasi Panas

Ilustrasi Panas www.medicalnewstoday.com

Awal bahaya infeksi virus zika diketahui pada ibu yang tengah hamil. Saat pertama kali mewabah, infeksi virus ini ditengarai dapat menyebabkan microchepaly pada janin yang dikandung ibu yang terinveksi zika. Karena itulah wanita hamil yang mengalami panas dan bintik merah pada kulit disarankan untuk segera berkonsultasi dengan dokter.

Gejala Infeksi Lainnya

Selain peningkatan suhu tubuh dan timbulnya bintik merah pada kulit, gejala lain infeksi zika yang perlu diwaspadai adalah rasa sakit pada mata ataupun timbulnya rasa nyeri pada otot ataupun persendian. Berbagai gejala yang patut diwaspadai ini tidak hanya berlaku pada ibu hamil saja, namun berlaku pula bagi orang dewasa. Pasalnya selain menyerang ibu hamil, infeksi virus zika ditengarai dapat menginfeksi orang dewasa yang mengakibatkan timbulnya gejala mirip Alzheimer.

Cara Mencegah Zika

Ilustrasi Menggunakan Lotion Anti Nyamuk

Ilustrasi Menggunakan Lotion Anti Nyamuk www.darquetan.com

Ternyata mencegah infeksi virus zika itu mudah lho! Selain menggunakan lotion anti nyamuk secara teratur, gunakanlah pakaian yang dapat menyelimuti tubuh, tangan dan kaki. Jika dianggap perlu, Anda dapat menggunakan kaos kaki dan kelambu saat sedang tidur. Jika diperlukan, Anda juga dapat menyemprotkan spray anti nyamuk di rumah.

Travel Advisory Kementerian Kesehatan Republik Indonesia

Menanggapi hal ini, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia memberikan travel advisory sebagai upaya melindungi masyarakat Indonesia agar tidak tertular penyakit yang bersumber dari virus zika.  Pemberian travel advisory ini dirasa penting karena perjalanan wisata atau dinas di luar negeri beresiko menjadi salah satu media penularan virus berbahaya ini.

Baca juga:

Apa Sih yang Akan Terjadi Pada Tubuh Jika Anda Berhenti Merokok Selama 20 Menit Saja?

Tips Agar Penurunan Berat Badan Anda Semakin Terasa Menyenangkan

Mana yang Lebih Menyehatkan ? Mandi dengan Air Panas atau Air Dingin ? Ini Jawabannya !

Komitmen kami adalah memberikan informasi dan tips seputar kesehatan untuk Anda sekalian. Silahkan sebarluaskan informasi yang ada dalam web ini dengan menyarankannya kepada orang di sekitar Anda untuk membacanya. Dengan menyebarkan informasi kesehatan yang ada di web ini berarti Anda sudah berbagi kebaikan dengan sesama.

Sumber: www.gov.sg, health.liputan6.com, www.depkes.go.id

Facebook Twitter Google Digg Whatsapp LinkedIn Reddit StumbleUpon Email

Add Your Comment