Berapa Banyak Air yang Harus Anda Konsumsi Tiap Hari?

Air merupakan salah satu unsur yang sangat penting untuk dikonsumsi dalam kehidupan sehari-hari. Kata ahli, minum air sesuai dengan gaya hidup Anda lebih baik daripada mengikuti tips-tips yang belum tentu tepat untuk Anda.

air putih

air putih tokopedia

Air adalah komponen kimia utama tubuh dan bisa menjadi peluruh racun secara alami.  Tidak banyak orang menyadari berapa banyak air mineral yang harus dikonsumsi setiap hari. Berapa ukuran ideal sesungguhnya cairan yang diperlukan oleh tubuh?

Diketahui oleh masyarakat umum bahwa sebaiknya minum air delapan sampai sepuluh gelas setiap hari. Dengan melakukannya secara rutin maka Anda sudah memenuhi kebutuhan cairan dalam tubuh. Itulah aturan umum yang sudah terpublikasi di tengah masyarakat sejak lama. Akan tetapi, seorang ahli gizi, menyatakan ukuran tersebut bukanlah ukuran yang sebaiknya dipatuhi begitu saja, sebab masing-masing orang membutuhkan air dalam jumlah yang tidak sama. Ada seseorang yang membutuhkan kurang dan lebih dari ukuran tersebut. Ahli gizi, Venu Adhiya Hirani, dalam penelitiannya menemukan bahwa rata-rata orang minum dalam dua belas sampai lima belas gelas air minum setiap hari. Air yang dikonsumsi tidak harus air putih, bisa berupa teh, susu, dan lain-lain, yang terpenting ialah cairan tersebut merupakan cairan sehat untuk tubuh.

Venu Adhiya Hirani kemudian mencapai kesimpulan bahwa minum bisa dilakukan sesuai dengan gaya hidup. Gaya hidup Anda membuat kebutuhan cairan dalam tubuh Anda menyesuaikan diri. Pendapat ini cocok dengan pendapat ahli gizi, Nupur Krishman, yang juga menemukan bahwa gaya hidup seseorang memainkan peran penting dalam menentukan jumlah air yang harus dikonsumsi setiap hari.

Minum Air Putih

Minum Air Putih cleanwateraction

Jika Anda memiliki gaya hidup dan bekerja di lingkungan yang ber AC, maka minum 2 sampai 2,5 liter air tidak dianjurkan. Kurangi jumlahnya, cukup 1-2 liter saja sebab hal ini bisa berakhir terakumulai pada ginjal dan menyebabkan edema. Edema adalah meningkatnya volume cairan di luar sel dan pembuluh darah, disertai dengan penimbunan serosa. Ciri-cirinya, saat Anda menekan bagian tubuh Anda, tekanan tersebut meninggalkan bekas yang tidak segera pulih.

Untuk pekerja moderat, misal seorang pedagang yang memerlukan aktivitas fisik maka penting untuk meminum air sampai lebih dari tiga liter setiap hari.

Kebutuhan cairan tubuh juga berhubungan dengan keadaan cuaca. Dalam musim kemarau, kemungkinan Anda membutuhkan cairan lebih banyak sangat mungkin. Untuk menjaga agar Anda tidak mudah dehidrasi selama musim kemarau, maka diperlukan cairan yang lebih banyak ketimbang saat musim hujan.

Jika Anda tidak menderita diabetes, tekanan darah rendah atau tinggi, Anda dapat memiliki senyawa elektrolit dan glukosa air dalam jumlah yang cukup sehingga tubuh Anda selalu segar. Kedua senyawa tersebut, bila dalam keadaan seimbang jumlahnya di dalam tubuh, akan dapat menjaga stabilitas energi Anda selama beraktifitas.

Untuk menjaga kondisi Anda tetap stabil, penting untuk minum air sekitar 2-4 gelas untuk mengawali hari. Ada baiknya juga menambahkan sedikit lemon, madu, dan kayu manis di dalamnya, sehingga air yang Anda minum memiliki kemampuan ganda sebagai detoks untuk tubuh.

Baca juga informasi sehat lainnya tentang minuman, seperti:

Minum air membantu mencegah batu ginjal

5 minuman yang takkan menggagalkan diet Anda

Makanan dan minuman yang tepat untuk penderita flu

Komitmen kami adalah memberikan informasi dan tips seputar kesehatan untuk Anda sekalian. Silahkan sebarluaskan informasi yang ada dalam web ini dengan menyarankannya kepada orang di sekitar Anda untuk membacanya. Dengan menyebarkan informasi kesehatan yang ada di web ini berarti Anda sudah berbagi kebaikan dengan sesama.

Sumber: www.timesofindia.com

Facebook Twitter Google Digg Whatsapp LinkedIn Reddit StumbleUpon Email

Add Your Comment