Beragam Penyebab Vagina Terasa Nyeri

Wanita

Wanita pixabay

Vagina merupakan alat reproduksi wanita yang wajib dijaga kebersihannya. Meski demikian, ada kemungkinan seseorang pernah mengalami rasa nyeri pada miss v. Berikut ini beberapa penyebab terjadinya nyeri pada vagina yang patut diketahui!

Penyebab pertama adalah herpes. Meski kerap terjadi di kulit, herpes juga bisa ada di alat kelamin. Jika Anda menemukan benjolan yang berbentuk seperti jerawat yang terasa nyeri, ada kemungkinan bahwa tanda tersebut merupakan herpes. Jika mengalami gejala serupa, segera konsultasikan dengan dokter. Selain itu masalah vagina kering juga kerap dialami seorang wanita.

Jangan kira masalah vagina kering hanya dapat dialami oleh wanita yang telah mengalami menopause saja ya! Namun masalahini pun dapat dialami oleh para wanita muda. Hal ini dapat disebabkan oleh pengaruh pil KB yang mengandung kadar hormon esterogen yang rendah. Sayangnya, meski terdengar sepele, namun kondisi ini dapat hubungan seks terasa tidak nyaman atau bahkan nyeri.

Penyebab vagina terasa nyeri selanjutnya adalah infeksi jamur. Meski kasus infeksi jamur pada kemaluan biasanya tidak menimbulkan rasa nyeri, namun beberapa orang mengartikan rasa gatal dan kering dengan perasaan nyeri. Sayangnya, hampir sebagian besar orang, utamanya wanita mengalami infeksi jamur pada kemaluannya. Jika mengalami infeksi ini, jangan ragu untuk segera berkonsultasi dengan dokter yang Anda percaya.

Kadangkala ukuran penis pasangan yang terlalu besar juga dapat memicu timbulnya nyeri pada miss v. Karena itulah jangan lupa untuk tetap melakukan pemanasan sebelum melakukan berhubungan intim. Jika Anda mengalami rasa nyeri saat penetrasi atau ketika sedang haid atau malah mengalami perdarahan berlebihan, bisa jadi ini merupakan tanda endometriosis atau radang panggul kronik.

Wanita

Wanita pixabay

Terakhir, rasa nyeri pada vagina bisa juga dapat disebabkan oleh kondisi vulvodinia. Suatu keadaan dimana rasa nyeri timbul saat terjadi penetrasi atau ketika Anda menggunakan tampon saat haid. Namun demikian, pada beberapa wanita, rasa nyeri bisa timbul secara spontan, bahkan saat tidak sedang berhubungan seks. Karena yang bisa merasakan respon tubuh adalah diri sendiri, dengarkan apa reaksi tubuh Anda sehari-hari! Be healhty!

Baca juga:

Manfaat Berolahraga Bersama Pasangan

Cara Menjaga Kesehatan Vagina

Yang Terjadi pada Otak Ketika Sedang Orgasme

Komitmen kami adalah memberikan informasi dan tips seputar kesehatan untuk Anda sekalian. Silahkan sebarluaskan informasi yang ada dalam web ini dengan menyarankannya kepada orang di sekitar Anda untuk membacanya. Dengan menyebarkan informasi kesehatan yang ada di web ini berarti Anda sudah berbagi kebaikan dengan sesama.

Sumber: www.dokter.id

Facebook Twitter Google Digg Whatsapp LinkedIn Reddit StumbleUpon Email

Add Your Comment