Beragam Manfaat Saat Berkeringat

| Posted : 30 Oct 2015 | Berita Sehat, Tips Sehat No comments
Berkeringat

Berkeringat womenshealthmag.com

Terkadang pada beberapa kesempatann tertentu berkeringat dapat mengundang rasa tidak nyaman. Contoh mudahnya saat sedang berada di lingkungan kerja. Ini terjadi karena ada kalanya keringat dapat meninggalkan bau yang kurang sedap. Meski demikian, ternyata keringat juga dapat mendatangkan beragam manfaat bagi tubuh. Berikut informasi selengkapnya!

Semua keringat yang diproduksi oleh tubuh setiap hari dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh dan juga memberi efek kulit yang tampak sehat. Kerika sedang berkeringat, otomatis pori-pori kulit Anda sedang dalam keadaan terbuka. Dengan demikian kulit secara otomatis dapat melepaskan penumpukan kotoran yang menumpuk di kulit.

Terkait hal ini, keringat merupakan pembersihan tubuh dari racun yang dapat menyumbat pori-pori dan menimbulkan masalah kulit seperti jerawat ataupun flek. Tentu manfaat ini hanya berlaku saat Anda berkeringat ringan atau sedang saja. Berbeda dengan kondisi keringat berlebih (hiperhidrosis) yang dapat menyebabkan terjadinya infeksi kulit seperti kutil. Orang dengan hiperhidrosis juga dapat mengalami masalah kulit lain sepertiĀ  eksim dan ruam.

Umumnya kondisi berkeringat dalam waktu yang lama terjadi ketika seseorang sedang melakukan aktivitas berat ataupun ketika sedang berolahraga. Saat berolahraga, tubuh dapat merasa lebih baik karena efek hormon endorfin yang secara alami dilepaskan selama aktivitas fisik sedang berlangsung. Selain itu dalam kondisi sehat dan tidak sedang melakukan diet rendah sodium, berkeringat dapat menurunkan tekanan darah seseorang. Hal ini terkait dengan keringat uang secara langsung dapat membantu membuang natrium dari dalam tubuh.

Berkeringat

Berkeringat drdayan.com

Perlu diketahui bahwa selain merupakan salah satu cara efektif untuk mengeluarkan garam, berkeringat juga dapat mempertahankan kalsium dalam tulang. Dengan demikian berkeringat akan membatasi akumulasi garam dan kalsium dalam ginjal dan urin. Selain itu berkeringat juga dapat membantu membersihkan sistem tubuh menjadi lebih efisien karena menuntut hidrasi yang berlebih dari tubuh. Setelah berkeringat, umumnya kita akan merasa haus sehingga secara reflek akan mengambil minuman untuk mengatasinya. Jadi sudahkah Anda berkeringat hari ini?

Baca juga:

Oww! Patokan Olahraga Bukan Keringat Lho!

Manfaat Mendengarkan Musik saat Berolahraga

Pilihan Minuman Terbaik yang Cocok Dikonsumsi Setelah Olahraga

Komitmen kami adalah memberikan informasi dan tips seputar kesehatan untuk Anda sekalian. Silahkan sebarluaskan informasi yang ada dalam web ini dengan menyarankannya kepada orang di sekitar Anda untuk membacanya. Dengan menyebarkan informasi kesehatan yang ada di web ini berarti Anda sudah berbagi kebaikan dengan sesama.

Sumber: duniafitnes.com

Facebook Twitter Google Digg Whatsapp LinkedIn Reddit StumbleUpon Email

Add Your Comment