Beragam Kandungan Nutrien Buah Nanas

www.medicalnewstoday.com

www.medicalnewstoday.com

Buah nanas adalah satu dari ratusan buah yang digemari banyak orang di berbagai penjuru dunia. Ada yang dimakan segar seperti untuk campuran lotis ataupun salad buah, ada pula yang menyukai dibuat jus segar yang mampu melegakan rasa haus yang bandel itu. Selain dikonsumsi segar, buah yang satu ini kini menjelma menjadi salah satu selai roti yang digemari pula oleh banyak orang. Selain cocok digunakan sebagai olesan roti tawar, roti panggang ataupun roti bakar, selai nanas juga menjadi salah satu bahan ikonik pembuatan kue nastar. Sebuah jenis kue kering yang kerap dimasak ketika acara keluarga ataupun hari besar tiba.

Di samping beragam manfaat buah berwarna kuning yang satu ini, ternyata buah nanas mengandung beragam nutrien penting yang mampu menjadi “benteng” bagi radikal bebas yang dapat berefek buruk bagi kesehatan tubuh. Tanya kenapa? Pertama, buah ini ternyata mengandung enzim bromelain. Enzim ini ditengarai mempu membantu tubuh mencerna makanan dengan memecah partikel protein. Buah nanas juga memiliki kandungan vitamin C dan antioksidan yang penting untuk pross sintesis kolagen.

umd.spoonuniversity.com

umd.spoonuniversity.com

Tak hanya itu, buah segar bercitarasa asam dan manis yang pas ini juga memiliki kandungan mangan lho! Mangan merupakan elemen penting untuk produksi energi yang sekaligus membantu tubuh mengurangi dampak radikal bebas. Mangan juga dapat membantu tubuh menggunakan nutrien penting seperti tiamin dan biotin yang berfungsi membuat tulang sehat dan mensintensis makanan berlemak.

Buah yang dijual cukup murah di pasaran ini juga mengandung vitamin A dan betakaroten. Selain berfungsi membantu organ penglihatan, buah ini juga dapat membantu sistem kekebalan tubuh dan memerangi radikal bebas. Vitamin B1 dan B6 yang ada dalam buah nanas juga berfungsi sebagai penghasil energi dan perangkat pemecah gula serta zat tepung dalam sistem pencernaan. Menarik bukan aneka manfaat yang terkandung dalam buah nanas? Di pasar tradisional, buah ini dijual dengan dua pilihan, nanas utuh ataupun nanas kupasan. Dengan 5  hingga 10 ribu rupiah saja Anda sudah dapat membawa pulang buah kaya manfaat ini! Menarik bukan? Selamat mencoba!

Baca juga:

Aneka Manfaat Buah Anggur Bagi Wanita

Agar Nasi Tidak Cepat Basi

Beragam Manfaat Buah Labu

Komitmen kami adalah memberikan informasi dan tips seputar kesehatan untuk Anda sekalian. Silahkan sebarluaskan informasi yang ada dalam web ini dengan menyarankannya kepada orang di sekitar Anda untuk membacanya. Dengan menyebarkan informasi kesehatan yang ada di web ini berarti Anda sudah berbagi kebaikan dengan sesama.

Facebook Twitter Google Digg Whatsapp LinkedIn Reddit StumbleUpon Email

Add Your Comment