Beragam Camilan Anak Ini Ternyata Tinggi Kalori

Tempe Goreng Tepung

Tempe Goreng Tepung food.reisha.netDSC

Kini camilan merupakan salah satu moodboster yang cukup mudah didapatkan. Bahkan anak-anak pun kini banyak yang menikmati camilan di sela-sela waktu makan. Karena hanya merupakan makanan sampingan, maka camilan yang dikonsumsi hendaknya tidak mengandung kalori yang tinggi. Tahukah Anda bahwa beberapa camilan berikut ini ternyata mengandung kalori yang cukup tinggi. Berikut beberapa diantaranya!

Sejatinya ada beberapa sebab yang menjadikan camilan mengandung kalori yang cukup tinggi. Mulai dari pemilihan bahan yang digunakan, cara memasak hingga cara penyajian yang digunakan. Makanan bertepung misalnya. Tepung terigu memang merupakan jenis makanan yang begitu luwes. Tepung tidak hanya dapat diolah menjadi makanan pokok seperti mie ataupun roti, namun juga kerap digunakan untuk melapisi aneka gorengan seperti tempe, jamur brokoli, pisang atau yang lainnya.

Selain mampu menambah lezat camilan, tepung dapat membuat tekstur makanan menjadi begitu crispy. Meski demikian makanan yang terbuat atau dicampur dengan tepung terigu cenderung memiliki kalori yang lebih tinggi. Jika buah hati gemar makan roti, maka Anda dapat mengganti tepung terigu dengan tepung gandum yang lebih kaya serat dan rendah kalori.

Bahkan makanan yang rendah kalori sekalipun jika disajikan dengan cara yang kurang tepat dapat berubah menjadi camilan tinggi kalori.  Penyajian salad buah misalnya. Potongan buah segar ini dapat menjelma menjadi makanan berkalori tinggi jika disajikan dengan mayones ataupun serutan keju.

Mayones

Mayones pixabay

Satu sendok mayones dapat menyumbangkan energi sebesar 45 kalori. Sebagai gantinya, Anda dapat mengganti mayones dengan selai kacang. Jika ingin menyajikan buah, sajikan sebagai salad tanpa tambahan keju atau diolah saja menjadi smoothie. Bagaimanapun juga penambahan gula dalam smoothie dapat dikontrol dengan mudah.

Selain itu olahan berbahan susu juga dapat menjadi camilan berkalori tinggi.  Kesalahan yang paling sering terjadi umumnya terletak pada kandungan gula yang cukup tinggi. Selain terdapat santan dan susu, tidak jarang puding diberi tambahan berupa gula. Jika ingin menggunakannya sebagai bahan puding, Anda dapat memilih susu rendah kalori atau mengurangi tambahan gula.  Selain susu rendah lemak, yoghurt Yunani dapat menjadi alternatif camilan sehat berbahan susu.

Baca juga:

Tips Mengenali Alergi Susu Sapi pada Buah Hati

Tips Menindik Telinga Pada Bayi

Penanggulangan Batuk Rejan, Batuk 100 Hari yang Mematikan

Komitmen kami adalah memberikan informasi dan tips seputar kesehatan untuk Anda sekalian. Silahkan sebarluaskan informasi yang ada dalam web ini dengan menyarankannya kepada orang di sekitar Anda untuk membacanya. Dengan menyebarkan informasi kesehatan yang ada di web ini berarti Anda sudah berbagi kebaikan dengan sesama.

Sumber: www.sahabatnestle.co.id

Facebook Twitter Google Digg Whatsapp LinkedIn Reddit StumbleUpon Email

Add Your Comment