Beragam Aktivitas Pemicu Terjadinya Radang Sendi

Olahraga

Olahraga polimoli.com

Radang sendi merupakan salah satu penyakit yang ditakuti banyak orang. Salah satu penyakit radang sendi yang kerap terjadi dikenal dengan sebutan osteoartritis. Orang dengan kondisi osteoartritis akan mengalami kerusakan struktur rawan bantalan sendi yang berfungsi melindungi tulang dari gesekan antar tulang. Ada beberapa faktor yang dapat memicu terjadinya radang osteoartritis seperti obesitas, usia lanjut, riwayat cidera dan tentunya gaya hidup. Berikut selengkapnya!

Hal pertama yang dapat memicu terjadinya radang sendi adalah olahraga yang berlebihan. Meski olahraga menawarkan beragam manfaat yang baik untuk tubuh namun jika dilakukan secara berlebih dapat berpotensi membawa dampak yang kurang menyenangkan. Terkait hal ini, selalu dengarkan tubuh Anda, utamanya tentu di dareah persendian. Bagaimanapun sendi memerankan peran sangat penting saat olahraga. Beragam gerakan olahraga tentu membutuhkan peran sendi.

Jika saat olahraga sendi Anda terasa nyeri dan rasa nyeri tersebut bertahan hingga berjam-jam lamanya maka hal ini dapat menjadi pertanda yang salah bagi latihan yang Anda lakukan. Usahakan untuk melakukan olahraga sesuai petunjuk dan lengkapi pula dengan pemanasan serta pendinginan yang benar. Bagaimanapun tubuh memerlukan waktu untuk beradaptasi, tidak terkecuali saat olahraga sekalipun.

Selain itu melakukan olahraga high impact yang melibatkan lari ataupun lompat juga dapat memicu kerusakan lutut yang dapat berkembang menjadi osteoarthritis. Utamanya jika dilakukan oleh orang paruh baya yang berusia sekitar 45 hingga 55 tahun. Agar tidak memicu rasa sakit, jika ingin berpartisipasi pada olahraga jenis ini maka pastikan Anda melakukan persiapan yang matang.

Selain itu, meski terkesan sepele, aktivitas yang dilakukan berulang-ulang seperti mengetik dengan komputer, handphone ataupun bermain game eleketronik sekalipun kerap dilakukan dalam jangka waktu yang lama. Jika aktivitas tersebut masuk dalam daftar kesibukan harian Anda, maka jangan lupa untuk melakukan istirahat di sela-sela aktivitas tersebut, utamanya jika sendi mulai terasa tidak nyaman. Perlu diketahui bahwasanya gerakan repetitif yang berlebihan dapat mempermudah terjadinya kesrusakan sendi dan bisa memicu peradangan sendi.

Sepatu Hal Tinggi

Sepatu Hal Tinggi pixabay

Terakhir, berjalan dengan sepatu berhak tinggi juga dapat memicu kerusakan sendi di bagian lutut. Seperti yang diketahui bersama, tinggi hak pada sepatu tentu akan mempengaruhi cara berjalan seseorang, baik kecepatan ataupun panjang langkahnya. Karena itulah jika Anda mengagendakan untuk menggunakan sepatu berhak tinggi, pastikan Anda membatasi waktu pemakaiannya. See?

Mengenal Penyebab Nyeri Sendi Bernama Gout Arthritis

Amankah Kebiasaan Menggeretakkan Jemari?

Mengenal Pemeriksaan dan Pengobatan Rheumatoid Arthritis

Komitmen kami adalah memberikan informasi dan tips seputar kesehatan untuk Anda sekalian. Silahkan sebarluaskan informasi yang ada dalam web ini dengan menyarankannya kepada orang di sekitar Anda untuk membacanya. Dengan menyebarkan informasi kesehatan yang ada di web ini berarti Anda sudah berbagi kebaikan dengan sesama.

Sumber: www.klikdokter.com

Facebook Twitter Google Digg Whatsapp LinkedIn Reddit StumbleUpon Email

Add Your Comment