Bekerja Terlalu Lama Bisa Tingkatkan Risiko Stroke dan Jantung

Tak hanya rokok dan alkohol saja yang bisa menyebabkan risiko penyakit berbahaya pada tubuh. Sebab kenapa Anda mudah merasakan stress bahkan ada teman Anda yang mengalami stroke dan sakit jantung bisa jadi karena sibuk bekerja terlalu lama. Apalagi kalau aktivitas fisik Anda hanya duduk di depan komputer saja.

migraine

migraine boldsky

Sebuah hasil studi yang diterbitkan dalam The Lancet, menemukan hubungan yang kuat antara orang-orang yang bekerja 55 jam atau lebih per minggu bisa mengalami peningkatkan risiko penyakit stroke dan jantung. Bahkan bisa mengalami komplikasi yang lebih buruk lagi.

Orang-orang yang bekerja lebih dari 55 jam rentang mengalami penyakit kardiovaskular. Penyakit kardiovaskular merupakan gangguan kesehatan yang melibatkan fungsi sistem kardiovaskular pada pembuluh darah jantung.

Orang-orang yang bekerja lebih dari 55 jam ditemukan memiliki 33 persen mengalami peningkatakan risiko stroke dan memiliki 13 persen lebih besar mengalami penyakit jantung koroner dibandingkan orang yang bekerja dengan jam kerja standar.  Jam kerja standar yang dimaksud kurang lebih 35 sampai 40 jam tiap minggunya.

Peneliti dari University College London mengemukakan hasil penelitian dari ratusan pria dan wanita dari Eropa, Amerika Serikat, dan Australia selam beberapa tahun. penelitian yang diadakan berdasarkan pada faktor usia, jenis kelamin, status sosial-ekonomi, dan kesehatan seperti perilaku merokok, mengonsumsi alkohol, dan aktivitas fisik tersebut menuai hasil sebagai berikut:

Ilustrasi jantung

Ilustrasi jantung kesehatan.kompas

Bila Anda bekerja dalam jangka 41-48 jam per minggu bisa menyebabkan 10 persen peningkatakan stroke. Bila bekerja dalam jangka waktu antara 49-54 jam per minggu bisa meningkatkan resiko terkena risiko stroke sebanyak 27 persen.

Hasil penelitian tersebut juga menyatakan, untuk satu jam kerja yang Anda jalani sangat berkolerasi dengan kondisi kesehatan Anda. Ditambah lagi bila Anda minum alkohol dan stress karena menghadapi tugas-tugas di kantor, tentu saja peningkatkan resiko mendapatkan penyakit stroke dan jantung menjadi lebih besar.

Disarankan untuk Anda yang ingin memiliki umur panjang agar menghindari alkohol dan rokok untuk menemani lembur kerja. Ada baiknya untuk memanfaatkan jeda kerja yang ada untuk beristirahat yang cukup. Selamat mencoba!

Nikmati juga tips sehat lainnya seperti:

Trik mudah menghancurkan lemak di perut

Obat yang dapat mencegah herpes

Apa yang terjadi pada tubuh ketika tidur?

 

Komitmen kami adalah memberikan informasi dan tips seputar kesehatan untuk Anda sekalian. Silahkan sebarluaskan informasi yang ada dalam web ini dengan menyarankannya kepada orang di sekitar Anda untuk membacanya. Dengan menyebarkan informasi kesehatan yang ada di web ini berarti Anda sudah berbagi kebaikan dengan sesama.

Sumber:  time.com

 

 

Facebook Twitter Google Digg Whatsapp LinkedIn Reddit StumbleUpon Email

Add Your Comment