Bahaya yang Mengintai Saat Mengkonsumsi Telur Mentah

Telur Mentah

Telur Mentah www.livescience.com

Seperti yang telah banyak diketahui, telur dikenal sebagai salah satu sumber makanan yang kaya akan potein tinggi. Ditambah lagi dengan harga yang cukup murah di pasaran. Makanan berbahan telur pun sangat banyak ditemukan di pasaran. Mulai dari makanan ringan seperti telur mini goreng yang banyak terdapat di berbagai sudut kota hingga diolah menjadi kudapan yang lezat seperti semur, bumbu bali dan opor. Tak jarang telur rebus juga digunakan sebagai pelengkap nasi tumpeng.

Selain dimasak, ada pula penggemar telur yang mengkonsumsinya dengan cara yang terbilang cukup ekstrim yakni dikonsumsi mentah. Bagi para penikmatnya, mencampurkan telur mentah dalam jamu hingga makanan merupakan hal yang tidak asing lagi. Apalagi ada yang menganggap bahwa telur mentah dianggap cukup higienis dan aman untuk dikonsumsi. Hingga kini kontroversi terkait hal ini pun masih sering terjadi. Ada beberapa ahli yang mengatakan bahwa resiko seseorang terkena penyakit setelah mengkonsumsi telur mentah sangatlah kecil. Namun demikian ada pula yang menganggap sebaliknya. Ini tidak lain karena di dalam telur mentah terdapat bakteri Salmonella enteridis. Jenis bakteri ini dapat menyebabkan keracunan pada makanan.

Telur Mentah

Telur Mentah www.tayloreason.com

Terkait hal ini, menurut data statistik secara global menunjukkan bahwa hanya ada sekitar 1 dari 30.000 butir telur yang mengandung bakteri Salmonella enteridis. Meski kemungkinan telur yang mengandung bakteri Salmonella enteridis tergolong sangat kecil yaitu 1:30.000, namun menghindari resiko terkena bakteri merupakan tindakan preventif yang wajib dilakukan bukan? apalagi bagi mereka yang memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah maka resiko terkena kontaminasi saat mengkonsumsi telur mentah akan semakin meningkat.  Tidak terkecuali orang yang tubuhnya sedang lelah.

Tak hanya itu saja karena ternyata dalam telur mentah juga terdapat zat adivin yang mampu mengikat biotin sehingga makanan tidak dapat dicerna. Hal ini dapat mengakibatkan penurunan kadar  biotin dan hemoglobin dalam urin. Bagi yang belum mengetahui, biotin merupakan koenzim yang ikut berperan dalam metabolisme lemak dan karbohidrat. Jadi selain terdapat resiko keracunan akibat paparan bakteri Salmonella enteridis juga terdapat resiko terpapar zat adivin. Karena dapat menyebabkan terganggunya metabolisme zat makronitrien dalam tubuh hal ini dapat mengakibatkan mengantuk, penurunan berat badan, insomia bahkan gangguan pada kulit serta dapat menimbulkan rasa nyeri pada otot. Semoga bermanfaat!

 Baca pula:

Makanan yang Baik untuk Kulit

Stop Menggunakan Minyak Goreng Berulang Kali!

Aneka Manfaat Susu Kedelai Bagi Anak

Komitmen kami adalah memberikan informasi dan tips seputar kesehatan untuk Anda sekalian. Silahkan sebarluaskan informasi yang ada dalam web ini dengan menyarankannya kepada orang di sekitar Anda untuk membacanya. Dengan menyebarkan informasi kesehatan yang ada di web ini berarti Anda sudah berbagi kebaikan dengan sesama.

 Sumber: health.detik.com

Facebook Twitter Google Digg Whatsapp LinkedIn Reddit StumbleUpon Email

Add Your Comment