Bahaya Tertusuk Paku Berkarat

Tenanus akibat Terkena Paku Berkarat

Tenanus akibat Terkena Paku Berkarat dokita.co

Perhatikan selalu kondisi alas kaki Anda! Meski terkesan sepele namun alas kaki memegang peranan sangat penting bagi kesehatan Anda. Hal ini menjadi penting karena kena benda tajam berkarat seperti paku dapat menimbulkan resiko yang membahayakan kesehatan. Meski lingkungan sekitar rumah telah tertata rapi serta terjaga kebersihannya, namun dalam kehidupan sehari-hari jalan kaki ke suatu tempat bukan menjadi hal yang asing lagi. Kalau tidak didukung dengan alas kaki berkualitas baik, tentu saja dapat meningkatkan resiko terkena benda tajam berkarat saat berada di jalan.

Jika Anda, teman atau keluarga ada yang tertusuk paku, apalagi paku berkarat alangkah baiknya jika langsung berkonsultasi pada pihak medis. Ini tidak lain karena tertusuk benda tajam berkarat dapat menjadi jalan terjangkitnya tetanus. Bila masih ada yang menganggap terkena paku berkarat hanya merupakan hal sepele maka sebaiknya Anda memberitahu informasi penting ini.

Paku Berkarat

Paku Berkarat www.medkes.com

Meski di awal terkena paku hanya merasa nyeri seolah dapat diatasi sendiri dengan perawatan di rumah, namun gejala tetanus akan muncul beberapa hari setelah terkena paku. Salah satu gejala ringan tetanus adalah kaku di mulut dan kesulitan untuk menelan apapun. Tetanus merupakan suatu kelainan neurologis dengan peningkatan tonus otot dan kekakuan pada otot. Tetanus disebabkan karena infeksi Clostridium tetani yang menghasilkan toksin tetanospasmin. Pada gejala tetanus berat toksin Clostridium tetani dapat menyebabkan kekakuan otot pada seluruh tubuh sehingga menyulitkan penderita tetanus untuk bernafas yang berujung pada kematian.

Jadi mulai sekarang jangan sepelekan luka pada semua bagian tubuh Anda. Ini tidak lain karena pada saat luka, maka kuman, bakteri ataupun virus dapat masuk ke tubuh dengan lebih mudah. Padahal penyakit Tetanus sendiri sebenarnya dapat dicegah. Resiko terkena tetanus juga akan menjadi lebih kecil jika jarak antara terjadinya luka dan penanganan luka kurang dari 6 jam. Sangat disarankan untuk membawa luka ke pihak medis agar dapat ditangni secara tepat. Namun demikian, terjadinya luka akibat paku umumnya menyebabkan luka dengan kedalaman tertentu. Kedalaman luka yang lebih dari 1 cm akan menambah besar resiko terkena tetanus. Mulai sekarang jangan sepelakan paku berkarat, jaga pula kualitas alas kaki Anda. Semoga bermanfaat!

Baca juga artikel menarik lainnya:

Penyebab Nyeri Kepala Akibat Kehujanan

Manfaat Menarik Jalan Kaki

Cara Alami Menghilangkan Sakit Tenggorokan

Komitmen kami adalah memberikan informasi dan tips seputar kesehatan untuk Anda sekalian. Silahkan sebarluaskan informasi yang ada dalam web ini dengan menyarankannya kepada orang di sekitar Anda untuk membacanya. Dengan menyebarkan informasi kesehatan yang ada di web ini berarti Anda sudah berbagi kebaikan dengan sesama.

Sumber: www.balipost.co.id

Facebook Twitter Google Digg Whatsapp LinkedIn Reddit StumbleUpon Email

Add Your Comment