Bahaya Mengkonsumsi Terlalu Banyak Teh Hijau atau Matcha

Matcha

Matcha drinkmotto

Kini siapa tidak mengenal minuman yang satu ini, teh hijau. Salah satu  jenis teh yang paling dikenal masyarakat dunia, tidak terkecuali di indonesia. Ada beragam jenis teh hijau, mulai dari teh seduh ataupun teh celup yang begitu praktis. Ada lagi jenis teh hijau asal negeri sakura yang tak kalah terkenalnya, matcha. Teh bubuk berkualitas ini merupakan jenis teh yang kerap digunakan untuk peyaraan acara minum teh di Jepang yang sangat tersohor itu.

Seperti yang telah banyak diketahui, teh hijau dikenal memiliki beragam manfaat bagi kesehatan seperti meningkatkan metabolisme membantu penurunan berat badan hingga manfaat antioksidan sebagai penangkal radikal bebas. Meski demikian namun konsumsi teh hijau atau matcha tetap perlu dibatasi. Karena apapun yang berlebihan tidaklah baik untuk tubuh.

Seperti yang terjadi pada seorang gadis berusia 16 tahun pergi ke dokter dengan keluhan pusing, mual, sakit perut, nyeri sendi hingga dugaan telah terjadi infeksi saluran kandung kemih. Mengejutkannya lagi, ternyata gadis tersebut tidaklah terkena infeksi saluran kandung kemih melainkan gejala yang terjadi tersebut adalah herb-induced hepatitis yang disebabkan oleh konsumsi teh yang selama ini dijalani.

Tiga bulan terakhir ia mulai mengkonsumsi tiga cangkir Chinese herbal green tea yang dibeli secara online. Hal ini dilakukannya sebagai bagian dari penurunan berat badan. Menariknya setelah ia berhenti minum teh tersebut, kondisi hatinya kembali normal. Kondisi kerusakan tersebut disebabkan oleh hepatotoksisitas herbal. Sebuah kondisi yang terjadi ketika seseorang akibat mencerna kelebihan herbal atau suplemen.

Masalah dalam kasus dihubungkan dengan katekin. Dalam dosis yang tepat katekin memberi manfaat yang besar bagi tubuh seperti menurunkan kolesterol dan mengurangi resiko penyakit jantung dan kanker. Namun sebaliknya, dosis katekin yang tinggi dalam seperti yang ditemukan dalam green tea weight loss supplements dapat menyebabkan kondisi hepatotoksisitas herbal.

Matcha

Matcha hibiki-an

“Jika Anda mengkonsumsi suplemen jenis ini ibarat memasukkan bom kecil ke hati Anda”, papar Niket Sonpal, M.D, seorang gastroenterologist dan asisten profesor kedokteran di Touro College. Jika katekin masuk dalam jumlah terlalu banyak dapat menyebabkan terjadinya kerusakan sel. Jika terjadi pada diri seseorang, orang tersebut dapat mengalami kelelahan, sakit perut yang parah, dan penyakit kuning. Hiiii! Meski demikian, konsumsi teh hijau atau matcha dalam dosis yang normal tidaklah berbahaya. Intinya asal tidak berlebihan, teh dapat mendatangkan manfaat yang baik bagi tubuh.

Baca juga:

Info Menarik Seputar Teh Hitam

Manfaat Minum Teh untuk Kesehatan Kulit

Fakta Menarik Tentang Decaf Coffee

Komitmen kami adalah memberikan informasi dan tips seputar kesehatan untuk Anda sekalian. Silahkan sebarluaskan informasi yang ada dalam web ini dengan menyarankannya kepada orang di sekitar Anda untuk membacanya. Dengan menyebarkan informasi kesehatan yang ada di web ini berarti Anda sudah berbagi kebaikan dengan sesama.

Sumber: www.shape.com

Facebook Twitter Google Digg Whatsapp LinkedIn Reddit StumbleUpon Email

Add Your Comment