Bahaya Menggunakan Make Up Kadaluarsa

Ilustrasi Make Up

Ilustrasi Make Up aprillovepromakeupacademy

Bagi sebagian kaum hawa menggunakan make up merupakan salah satu ritual harian yang selalu dilakukan. Selain untuk mempercantik penampilan, ada pula yang menggunakan make up sebagai tuntutan dari sebuah profesi yang digeluti. Make up juga menjadi topik tiada henti yang selalu menarik untuk diulik. Selain memperhatikan komposisi, ada satu hal lain yang penting untuk diketahui semua smart shooper. Expired date alias tanggal kadaluarsa.

Meski terkesan sepele namun kadaluarsa beragam produk make up Anda perlu diperhatikan. Ini tidak lain demi kesehatan kulit Anda. Apalagi bagian muka dan area sekitar mata. Selain sensitif, kedua aura bagian tubuh ini merupakan jendela hati yang diliat secara langsung oleh publik. Oleh karena itulah teliti sebelum membeli dan memakai kosmetika menjadi hal yang wajib dilakukan. Jika malas menyimpan bungkus make up, catat saja tanggal kadaluarsa make up Anda lalu tempelkan di pinggir meja rias Anda.

Ilustrasi Maskara

Ilustrasi Maskara pinmakeuptips

Konsistensi beragam produk kosmetika dapat berubah dari waktu ke waktu. Apalagi jika sudah melewati batas kadaluarsa. Maskara, lipstik dan foundation contohnya. Jika sudah kadaluarsa maka tekstur yang cair dapat berubah menjadi kental atau bahkan mengering. Inilah alasan kuat mengapa menggunakan produk make up kadaluarsa sangat tidak disarankan.

Selain itu, efisiensi bahan aktif yang terdapat dalam kosmetik juga dapat berubah dari waktu ke waktu. Foundation dengan SPF tertentu misalnya. Jika sudah expired, maka kemungkinan perlindungannya terhadap sinar matahari tidak akan sekuat biasanya. Hal ini juga berlaku pada produk yang mengandung asam salililat yang ada pada kosmetika yang berfungsi untuk mencegah jerawat, juga pada bahan retinol yang berguna untuk mencegah tibulnya garis-garis halus pada wajah.

Ilustrasi Make Up

Ilustrasi Make Up kikiandtea

Terlebih lagi jika molekul dalam produk kecantikan telah terurai menjadi molekul lainnya sehingga akan menimbulkan reaksi pada kulit. Jika hal ini terjadi kulit dapat mengalami iritasi  yang dapat menyebabkan peradangan, benjolan, ruam atau bahkan bengkak pada kulit. Make up kadaluarsa juga dapat menjadi tempat berkembangnya bakteri. Hiiiii, ngeri kan ladies?

Oleh karena itulah Anda wajib memperhatikan aturan yang tertera pada bagian kemasan produk. Meski belum expired, jika konsistensi produk telah berbeda, ada baiknya jika Anda mengganti produk make up tersebut dengan produk yang baru. Aturan yang umum dalam dunia kosmetika adalah mengganti maskara setiap tiga bulan sekali, mengganti eyeliner dan eye shadow setiap 6 hingga 12 bulan sekali dan mengganti lipstik baru setelah pemakaian selama sekitar 1,5 tahun. Namun demikian tetap perhatikan expired datenya ya!

Baca juga:

Cara Menghapus Riasan Mata yang Benar Bagi Pengguna Lensa Kontak

Aneka Perawatan Anti Aging Terkini Kaum Hawa

5 Cara Mengatasi Random Facial Hair

Komitmen kami adalah memberikan informasi dan tips seputar kesehatan untuk Anda sekalian. Silahkan sebarluaskan informasi yang ada dalam web ini dengan menyarankannya kepada orang di sekitar Anda untuk membacanya. Dengan menyebarkan informasi kesehatan yang ada di web ini berarti Anda sudah berbagi kebaikan dengan sesama.

Sumber: www.womenshealthmag.com

Facebook Twitter Google Digg Whatsapp LinkedIn Reddit StumbleUpon Email

Add Your Comment