Bahaya Malas Mengganti Pembalut Saat Masa Haid Tiba

| Posted : 27 Feb 2015 | Berita Sehat, Tips Sehat No comments
Pembalut Wanita

Pembalut Wanita www.vemale.com

Hai ladies, jangan malas untuk membawa pembalut bersih saat masa menstruasi tiba ya! Meski banyak dilanda rasa malas saat siklus bulanan ini datang, hendaknya Anda jangan malu, sungkan apalagi malas mengganti pembalut. Apalagi jika banyak kesibukan tepat saat masa haid tiba, mau di rumah ataupun di tempat kerja, banyak yang merasa malas untuk sekedar mengganti pembalut di toilet. Apalagi jika ditambah dengan kondisi toilet yang yang tidak terlalu bersih atau malah  cenderung kotor.

Namun karena lebih baik mencegah darupada mengobati, hilangkan segera rasa malas mengganti pembalut. Jangan pula menunggu hingga pembalut terisi penuh. Ini tidak lain karena pembalut yang telah terkena darah haid dapat menjadi semacam media yang baik bagi perkembangban bakteri, virus hingga kuman penyakit. Hal ini tentu saja akan menimbulkan bahaya bagi organ kewanitaan. Secara umum, penggantian pembalut minimal dua kali dalam sehari. Namun demikian patokan tersebut juga tergantung pada banyak sedikitnya darah yang keluar saat haid. Jika dirasa telah penuh atau risih, maka sebaiknya Anda segera menggantinya dengan pembalut baru yang bersih.

Pembalut Wanita

Pembalut Wanita www.vemale.com

Apa jadinya jika Anda malas mengganti pembalut? Salah satu hal yang dapat terjadi tentu saja iritasi kulit di sekitar area kewanitaan Anda. Seperti yang telah diketahui bersama, area miss V memiliki sifat asam dengan kadar keasaman sekitar 4 hingga 4,5, sedangkan darah memiliki sifat sebaliknya, basa. Perlu diketahui pula darah yang keluar saat menstruasi memiliki pH sekitar 7,3 hingga 7,4. Ini artinya pH yang dikeluarkan darah menstruasi dapat menimbulkan resiko merusak kulit. Gejala iritasi yang timbul dapat berupa rasa gatal, perih, kulit merah hingga bau yang tidak sedap. Oleh karena itu, jika dirasa telah risih, jangan malas untuk mengganti pembalut.

Tak hanya itu saja, malas mengganti pembalut saat haid dapat meningkatkan resiko terkena penyakit yang disebabkan oleh jamur Candida albicans. Jamur jenis ini dapat menyebabkan keputihan pada wanita yang disertai dengan rasa gatal. Jika tidak tahan dengan rasa gatal yang muncul tidak jarang ada yang mengatasinya dengan menggaruk. Hal ini sangat tidak disarankan karena dapat menyebabkan iritasi ataupun infeksi. Hiii, cukup ngeri ya ladies? So jangan malas saat waktu mengganti pembalut tiba ya! Keep healthy girls!

Baca pula:

Alternatif Mengurangi Nyeri Saat Haid

Cara Memperlancar Haid

Manfaat Menarik Jalan Kaki

Komitmen kami adalah memberikan informasi dan tips seputar kesehatan untuk Anda sekalian. Silahkan sebarluaskan informasi yang ada dalam web ini dengan menyarankannya kepada orang di sekitar Anda untuk membacanya. Dengan menyebarkan informasi kesehatan yang ada di web ini berarti Anda sudah berbagi kebaikan dengan sesama.

Sumber: www.kawankumagz.com

Facebook Twitter Google Digg Whatsapp LinkedIn Reddit StumbleUpon Email

Add Your Comment