Bahaya Kombinasi Rokok dan Kopi

Bagi pecinta kopi, minum kopi tiap hari merupakan rutinitas yang menyenangkan. Kopi menjadi suatu minuman yang paling tidak bisa dilewatkan. Harus ada kopi saat sarapan, makan siang, sampai saat makan malam. Bahkan ada juga yang sampai tidak makan yang penting sudah minum kopi. Bagi mereka energi tubuh sudah bisa terbangun hanya dengan minum kopi.

Kopi

Kopi pixabay

Selain minum kopi, kombinasi pecinta kopi yang sering dijumpai adalah rokok. Orang-orang nongkrong ngobrol sambil ngopi dan yang melengkapi mereka kalau bukan rokok adalah kacang goreng atau kacang rebus. Obrolan mereka bisa berlangsung sampai pagi, hanya dengan kopi dan rokok loh! tapiā€¦ bagaimanakah efek kombinasi antara kopi dan rokok ini untuk tubuh?

Kombinasi antara rokok dan kopi dapat membatasi aliran darah dan membebani kerja jantung. Kopi adalah minum yang tidak baik bila dikonsumsi dalam keadaan perut kosong, karena hal itu bisa membahayakan tubuh. Sementara rokok, memiliki bahaya yang pada umumnya sudah banyak diketahui orang seperti memperburuk keadaan paru-paru dan lain-lain.

Dosis yang besar antara kopi dan rokok yang dikonsumsi dalam waktu bersaman bisa menurunkan kepadatan tulang sekitar 100 miligram kalsium setiap hari. kafein akan mempengaruhi tubuh Anda setelah satu jam dikonsumsi dalam keadaan perut kosong. Efeknya biasanya akan berlangsung selama empat sampai enam jam dalam sehari. Selama itu, kopi akan meningkatkan tekanan darah, bila konsumsi kopi dalam jumlah besar, efeknya dapat membuat Anda menjadi gugup, mudah mengantuk, dehidrasi, dan cepat lelah.

rokok

rokok 101jakfm

Ahli gizi menjelaskan bahwa mengonsumsi kopi berkombinasi dengan rokok merupakan cara mudah untuk menghancurkan perut. Ingatlah untuk sarapan terlebih dahulu baru setengah jam kemudian Anda boleh mengonsumsi kopi. Meskipun begitu, jarak konsumsi sarapan dan rokok tersebut bukanlah standar aman yang menjanjikan Anda terhindar dari penyakit kronis. Sebab, stimulan antara kopi dan rokok yang berkombinasi menjadi satu dalam tubuh juga dapat memberikan efek yang berbeda pada ginjal dan hati seseorang. Tubuh menjadi mudah bekerja untuk melawan dirinya sendiri dan menciptakan energi yang dapat menyebabkan kecanduan mengonsumsi kopi dan rokok. Bila sudah ketergantungan pada dua hal tersebut, sistim kekebalan tubuh Anda sendiri justru bisa merusak sistem saraf pusat Anda, gula darah meningkat, pembuluh darah menyusut, dan pembuluh arteri bisa semakin rusak.

Jika Anda ingin mencegah terjadinya semua itu, para ahli menyarankan mulailah untuk berolahraga dan mulailah untuk mengurangi konsumsi rokok dan kopi. Ambillah langkah hidup sehat.

Baca juga informasi penting mengenai kopi seperti:

Kopi berbahaya untuk penderita tekanan darah tinggi

Waktu yang tepat untuk minum kopi dan teh

Kopi, baik atau buruk untuk kesehatan?

Komitmen kami adalah memberikan informasi dan tips seputar kesehatan untuk Anda sekalian. Silahkan sebarluaskan informasi yang ada dalam web ini dengan menyarankannya kepada orang di sekitar Anda untuk membacanya. Dengan menyebarkan informasi kesehatan yang ada di web ini berarti Anda sudah berbagi kebaikan dengan sesama.

Sumber: www.healthyfoodteam.com

Facebook Twitter Google Digg Whatsapp LinkedIn Reddit StumbleUpon Email

Add Your Comment