Bahaya Kafein untuk Kesehatan Tubuh dan Mental

kadar kafein

kadar kafein necturajuice

Kafein, atau bernama ilmiah lengkap kafeina ini merupakan senyawa alkaloid xantina berbentuk kristal dan berasa pahit. Senyawa ini dapat bekerja aktif sebagai obat perangsang psikoaktif dan diuretik ringan. Senyawa ini ditemukan oleh kimiawan Jerman bernama Friedrich Ferdinand Runge pada 1819. Ia menciptakan istilah “kaffein” untuk merujuk senyawa pada kopi. Kafein dijumpai secara alami ada pada bahan pangan seperti daun teh, biji kopi, buah kola, guarana, dan mate.

Pada tumbuhan senyawa ini berperan sebagai pestisida alami yang melumpuhkan dan mematikan serangga-serangga tertentu yang memakan tanaman tersebut. Pada manusia, senyawa kafein dapat menjadi perangsang sistem pusat saraf dan dapat mengusir rasa kantuk untuk sementara.

Kafein dalam Kopi

Kafein dalam Kopi mausehat

Walaupun begitu, kafein juga memiliki dampak buruk bagi kesehatan bila dikonsumsi secara berlebihan. Efek negatif itu dapat dilihat pada dampaknya seperti pada mood, stamina, level stress, dan system cardiovacular, serta kesehatan lambung.

Seseorang yang sudah kecanduan kafein karena minum kopi, teh, soda, coklat, dan lain-lain menurut temuan European Society of Cardiology (ESC) akan menunjukkan peningkatan tekanan darah yang mengandung resiko meningkatnya serangan jantung dan stroke.

Risiko ini makin besar akibatnya ketika Anda minum kafein dibarengi dengan proses diet yang rendah lemak sehat dan biji-bijian. Sebaliknya, Anda justru terlalu tinggi mengonsumsi lemak jenuh dari daging merah dan produk susu yang relatif tinggi. Resiko serangan jantung dan stroke dikemudian hari semakin tinggi.

Semua itu terjadi karena kafein juga merupakan senyawa adictive yang bersifat seperti obat-obatan. Kafein dapat menyebabkan kecanduan kimiawi dalam otak. Berhenti minum kopi, soda, atau teh bisa menciptakan gejala-gejala penarikan seperti sakit kepala, ngantuk, mudah marah, dan cemas saat kimiawi otak menyesuaikan diri. Banyak orang tidak tahan menahan resiko-resiko tersebut apabila sudah kecanduan.

kafein dalam beberapa minuman

kafein dalam beberapa minuman princearthurherald

Parahnya lagi, kafein juga mempengaruhi suasana hati atau mood pada orang dewasa dan anak-anak. Gangguan mood seperti mudah cemas, depresi, lekas marah, dan attention disorder diperparah dengan mengonsumsi kafein sampai ketagihan. Aktivitas mental menjadi tidak karuan karena kafein sebenarnya mengurangi aliran darah ke otak sebanyak 30 persen dan dapat mengurangi daya ingat serta kinerja mental. Kalau sudah demikian, gangguan mood ini berefek pada tingkat stress.

Kafein memicu hormon-hormon stress—cortisol (adrenalin) dari kelenjar-kelenjar adrenalin yang bisa meningkatkan rasa cemas, lekas marah, tekanan muscular, salah cerna, insomnia, dan penurunan immunitas. Kafein juga akan mempengaruhi pola tidur normal Anda.

Masih ada sederet resiko lain dari kafein yang mengancam kesehatan Anda bila terlalu banyak mengonsumsi kafein. Untuk Anda yang suka kopi, imbangi dengan pola makan sehat ya, seperti yang sudah diungkapkan sebaiknya Anda tidak kekurangan kandungan lemak sehat dalam tubuh Anda dan akan lebih baik lagi bila mampu mengurangi konsumsi kafein dalam tubuh. Selamat menjaga kesehatan!

Artikel terkait lainnya:

Manfaat menarik jalan kaki

Waspadai bahaya kanker prostat, guys!

Waspadai bahaya sinar matahari bagi kulit manusia

Komitmen kami adalah memberikan informasi dan tips seputar kesehatan untuk Anda sekalian. Silahkan sebarluaskan informasi yang ada dalam web ini dengan menyarankannya kepada orang di sekitar Anda untuk membacanya. Dengan menyebarkan informasi kesehatan yang ada di web ini berarti Anda sudah berbagi kebaikan dengan sesama.

Sumber: kesehatan.kompasiana.com

Facebook Twitter Google Digg Whatsapp LinkedIn Reddit StumbleUpon Email

Add Your Comment