Autisme Karena Bayi Lahir dengan Berat Badan yang Rendah, Mitos atau Fakta?

Di sekitar Anda mungkin pernah mendengar tentang bayi lahir prematur dan memiliki berat badan yang sangat ringan. Ada kemungkinan dokter akan mengatakan bahwa selama dalam kandungan, bayi kurang mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan untuk pertumbuhannya. Akan tetapi, ada baiknya sebagai orang tua, Anda waspadai kondisi tersebut. Perhatikan terus menerus perkembangan dan pertumbuhan bayi, sebab ada kemungkinan bahwa bayi yang lahir dengan berat badan rendah akan mengalami autisme.

 Anak

Anak caleidoscope

Autisme adalah kelainan perkembangan sistem saraf yang bisa terjadi pada seseorang. Gangguan ini kebanyakan diakibatkan oleh faktor hereditas. Hereditas adalah pewarisan watak dari orang tua ke keturunannya baik melalui biologis ataupun sosial. Gangguan ini secara umum dapat didetektsi pada bayi yang berusia baru enam bulan.

Peneliti dari Northwestern University mempelajari data pada lebih dari 3.700 pasang bayi kembar identik. Peneliti menemukan bahwa bayi lahir dengan berat badan rendah berhubungan dengan risiko gangguan spektrum autisme sebesar tiga kali lipat antar bayi kembar, di mana autisme bisa dialami hanya oleh salah satu dari bayi kembar tersebut.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa berat badan bayi ketika lahir bisa memainkan peran dalam penyebab kompleks autisme tersebut, karena itulah para peneliti memberikan perhatian khusus pada kondisi berat badan bayi. Ditemukan bahwa bayi yang lahir dengan berat tidak lebih dari 14 ons bisa terserang autisme sebesar 13 persen.

anak

anak webctor

Dengan demikian bahwa berat badan bayi bisa menjadi tanda awal Anda melihat apakah dia terserang spektrum autisme atau tidak. Selain berat badan, Anda bersama dokter juga sebaiknya memastikan perkembangan otak awal, prenatal, dan faktor lingkungan perinatal untuk memastikan perkembangan saraf bayi yang baru lahir berjalan baik atau tidak.

Deteksi sedini mungkin dapat membantu Anda menghadapi berbagai kemungkinan, terapi misalnya. Dengan terapi sejak awal, ganguan ini dapat diatasi perlahan-lahan meski beberapa diantaranya harus melakukan terapi seumur hidup.

Anda tak perlu khawatir dengan perkembangan sarafnya bila anak Anda sudah bisa bebas dari kondisi tersebut, sebab anak dengan latar belakang autisme bila sembuh, kebanyakan anak ternyata memiliki kecerdasan di atas rata-rata. Setelah dapat bebas dari gangguan ini, anak-anak autis dapat bersekolah di sekolah biasa, menjadi bagian dari masyarakat pada umumnya, juga seringkali menjadi orang yang diandalkan oleh masyarakat karena kemampuan kognitif dan motoriknya dapat menyesuaikan diri dengan baik pada perkembangan kehidupan masyarakat.

Baca juga informasi lainnya mengenai gangguan psikologis pada manusia, seperti:

Apa benar gothic ada hubungannya dengan depresi? Ini penjelasannya!

Cara pria dan wanita mengekspresikan depresi

Temuan baru, sembilan penyebab penyakit alzheimer

Komitmen kami adalah memberikan informasi dan tips seputar kesehatan untuk Anda sekalian. Silahkan sebarluaskan informasi yang ada dalam web ini dengan menyarankannya kepada orang di sekitar Anda untuk membacanya. Dengan menyebarkan informasi kesehatan yang ada di web ini berarti Anda sudah berbagi kebaikan dengan sesama.

Sumber: news.health.com

Facebook Twitter Google Digg Whatsapp LinkedIn Reddit StumbleUpon Email

Add Your Comment