Asal Tahu Triknya, Maag Bukan Lagi Halangan untuk Menjalankan Ibadah Puasa!

Tidak jarang maag dijadikan alasan untuk tidak menjalankan ibadah puasa. Alasannya cukup sederhana, takut masalah lambung kambuh lagi. Padahal beberapa trik sederhana berikut ini dapat meminimalir timbulnya gejala maag saat sedang menjalankan ibadah puasa. Yuk kita simak bersama !

Wajib Sahur

Steak

Steak pixabay

Sahur ibarat sarapan yang memberi banyak manfaat bagi kesehatan tubuh kita. Selain sebagai sumber tubuh untuk mendapatkan energi, sahur akan mencegah lambung dalam keadaan kosong. Apalagi jika menu sahur kita merupakan makanan yang dicerna secara lambat. Saat shur juga dapat dimanfaatkan untuk mengkonsumsi obat maag yang sesuai dnegan gejala maag yang kerap dialami.

Tidak Tidur Usai Sahur

Tidur Setelah Makan

Tidur Setelah Makan running.competitor

Usai sahur, usahakan untuk tidak tidur. Tidur dapat meningkatkan potensi terjadinya refluks. Refluks sebutan kondisi ketika makanan yang belum dicerna itu berbalik arah, dari lambung menuju ke kerongkongan. Kondisi ini dapat terjadi akibat pengaruh gravitasi akibat tidur. Meski terkesan sepele namun refluks juga dapat mengakibatkan maka asam lambung menjadi naik dan melukai kerongkongan. Luka yang terjadi di kerongkongan akan menimbulkan sensasi panas seperti terbakar. Tak hanya itu, refluks juga menyebabkan mulut terasa pahit. Kondisi ini akan diperparah lagi ketika seseorang mengalami penyakit maag ataupun tukak lambung.

Menghindari Stres

Jus

Jus pixabay

Selain itu, stres juga dapat menaikkan asam lambung. Saat asam lambung naik, tentu perut menjadi tidak nyaman lagi. Untuk menghindari stres di bulan puasa, Anda melakukan berbagai kegiatan mulai dari mengerjakan hobi seperti memasak, merajt, mewarnai atau ngabuburit bersama sahabat. Saat memutuskan untuk ngabuburit, pastikan rute menuju tempat ngabuburitnya bukan jalan langganan macet ya! Kalau mau ngabuburit eh malah terhambat macet, kan bisa bikin tambah stres.

Tidak Menunda Waktu Buka Puasa

Tidak menunda buka puasa merupakan slaah satu hal yang wajib dilakukan orang yang sedang berpuasa, tidak terkecuali dengan penderita maag. Saat berbuka, segeralah minum yang hangat dan manis. Selanjutnya Anda dapat mengkonsumsi makanan ringan seperti kurma. Makanan dan minuman manis akan lebih mudah diserap tubuh. Meski demikian untuk menjaga kadar gula darah, hindari makan manis secara berlebihan.

Makan Secukupnya

Ilustrasi Buka Puasa

Ilustrasi Buka Puasa www.naturaldelights.com

Ternyata makan secukupnya memiliki beragam manfaat lho. Selain menjaga kadar gula darah berada dalam batas normal, makan secukupnya akan meminimalisir terjadinya peregangan dinding lambung yang berlebihan. Selain itu makan secukupnya saja akan membuat kontraksi lambung menjadi lebih rileks. Terakhir, jangan lupa untuk minum obat maag secara teratur sesuai dengan anjuran dokter yang menangani riwayat kesehatan Anda.

Baca juga:

Tips Agar Bibir Tidak Pecah-Pecah Saat Sedang Berpuasa

Mengenal Empat Tahapan Olahraga Dikala Berpuasa

Tips Mencegah Sembelit Saat Berpuasa

Komitmen kami adalah memberikan informasi dan tips seputar kesehatan untuk Anda sekalian. Silahkan sebarluaskan informasi yang ada dalam web ini dengan menyarankannya kepada orang di sekitar Anda untuk membacanya. Dengan menyebarkan informasi kesehatan yang ada di web ini berarti Anda sudah berbagi kebaikan dengan sesama.

Sumber: www.klikdokter.com

Facebook Twitter Google Digg Whatsapp LinkedIn Reddit StumbleUpon Email

Add Your Comment