Arti Warna Buah dan Sayuran Bagi Kesehatan

Sayuran Hijau

Sayuran Hijau imgkid

Warna pada sayur dan buah ternyata memiliki arti tersendiri. Bahkan penelitian menemukan bahwa mengkonsumsi sayur dan buah aneka warna dapat melindungi seseorang dari resiko penyakit kanker dan jantung. Tidak hanya itu, makanan sehat berwarna pelangi tersebut juga dapat memiliki efek anti aging yang menakjubkan.  Simak ulasannya berikut ini!

Perlu diketahui bahwasanya setiap warna pada tanaman mewakili mikronutrien yang berguna untuk melindungi tanamaman dari sinat matahari, penyakit, masalah tanah dan suhu yang ekstrim. Tidak seperti manusia yang dapat melindungi kulit dengan topi ataupun tabir surnya. Jadi untuk melindungi diri, tanaman membuat bahan kimia yang dilengkapi dengan anti inflamasi ataupun antioksidan. Dan ketika Anda mengkonsumsinya, maka manfaat yang sama dapat dirasakan oleh tubuh.

Terkait dengan konsumsi buah dan sayur, setiap harinya perempuan aktif setidaknya mengkonsumsi sembilan porsi, dimana masing-masing porsi setara dengan setengah cangkir buah tau sayur.  Pilihan warna pertama yang sering dikonsumsi adalah warna hijau. Kiwi, brokoli, romaine lettuce, kale, bayam, melon dan alpukat merupakan beberapa contoh buah dan sayura berwarna hijau.

Sayuran hijau mengandung dua jenis karotenoid yaitu utein dan zeaxanthin yang berfungsi untuk melindungi penglihatan serta mengurangi resiko penyakit macular degeneration. Jenis penyakitmata yang tidak dapat disembuhkan yang dapat menyebabkan kebutaan. Sayuran hijau seperti brokoli dan kubis juga mengandung senyawa isothiocyanates yang dimungkinkan memiliki sifat anti kanker.

Sedangkan buah atau sayur berwarna merah seperti semangka dan  tomat dikenal mengandung lycopene yang dapat mengurangi resiko seseorang terkena penyakit jantung. Resveratrol yang terdapat dalam anggur dapat membantu mengobati penyakit paru-paru dan asma serta ditengarai mampu menurunkan resiko penyakit jantung.

Berbeda lagi dengan makanan berwarna kuning seperti buah jeruk mengandung limonoid yang dapat membantu memerangi kanker kulit, paru-paru, payudara, perut dan juga kanker usus. Kandungan bera karoten pada jeruk apat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, menjaga kesehatan tulang dan kulit serta mampu menjaga kesehatan penglihatan. Kalium dalam buah jeruk membantu menangkal penyakit jantung. Sedangkan buah berwarna biru seperti blueberry dikenal kaya akan antioksidan dan anti inflamasi. Selain itu kandungan pada buah blueberry juga dapat membantu menjaga ketajaman memori seseorang.

Anggur

Anggur pixabay

Buah yang berwarna ungu seperti anggur ataupun blackberry dikenal mengandung ellagic acid, senyawa anti penuaan yang dapat membantu mencegah kanker. Terakhir, buah dan sayur berwarna putih seperti pada bawang putih ternyata mengandung allicin yang dapat menghambat pertumbuhan tumor. Beberapa makanan putih juga mengandung flavonoid, yang dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung dan beberapa jenis kanker.

Baca juga:

Aneka Makanan yang Sebaiknya Tidak Disimpan di Kulkas

Ini Dia Daftar Makanan yang Dapat Meningkatkan Kecantikan!

Warna Feses Dapat Menjadi Indikasi Kesehatan

Komitmen kami adalah memberikan informasi dan tips seputar kesehatan untuk Anda sekalian. Silahkan sebarluaskan informasi yang ada dalam web ini dengan menyarankannya kepada orang di sekitar Anda untuk membacanya. Dengan menyebarkan informasi kesehatan yang ada di web ini berarti Anda sudah berbagi kebaikan dengan sesama

Sumber: www.fitnessmagazine.com

Facebook Twitter Google Digg Whatsapp LinkedIn Reddit StumbleUpon Email

Add Your Comment