Apa Sih yang Akan Terjadi Pada Tubuh Jika Anda Berhenti Merokok Selama 20 Menit Saja?

Rokok

Rokok brightside.me

Meski kerap menjadi perdebatan, namun para ahli telah menunjukkan berbagai dampak negatif yang diakibatkan oleh konsumsi rokok. Jika Anda berniat untuk berhenti merokok, mungkin satu fakta menarik berikut ini mampu menambah motivasi untuk meninggalkan rokok.

Ternyata berbagai perubahan positif dalam tubuh bisa didapatkan bahkan hanya dalam tempo 20 menit saja! Usai 20 menit meninggalkan kebiasaan merokok ternyata fungsi jantung Anda dapat kembali normal. Lebih lanjut lagi, kapiler dan pembuluh darah akan mengalami perbaikan. Selain dapat memperbaiki aliran darah, 20 menit usai berhenti merokok juga dapat meningkatkan sensitifitas jari dan kaki!

Seiring berjalannya waktu, peningkatan kesehatan yang terjadi akan semakin besar. Setelah 12 jam meninggalkan rokok, maka tingkat karbon monoksida di dalam tubuh akan semakin menurun. Sebaliknya, tingkat oksigen darah dapat meningkat. Dengan demikian komposiis darah dalam tubuh dapat kembali normal.

Dalam jangka yang lebih lama lagi, yaitu 2 minggu hingga  3 bulan, meninggalkan rokok dapat mengurangi resiko serangan jantung. Menariknya lagi, dalam jangka yang tidak terlalu lama ini juga dapat menghilangkan gejala kecanduan tembakau. Selain dapat memperbaiki sirkulasi pembuluh perifer, dalam tempo ini pemulihan jaringan paru-paru dan fungsi paru-paru akan mengalami peningkatan yang signifikan.

Terlebih lagi jika Anda dapat berhenti merokok dalam jangka yang lebih lama yaitu 1 hingga 9 bulan. Dalam jangka waktu ini dapat menghilangkan gejala batuk maupun mengi. Lebih lanjut lagi, setahun setelah Anda berhenti merokok ternyata dapatdapat meminimalisir terjadinya penyakit jantung istemik dengan persentasi pengurangan hingga 50%.

Dalam jangka waktu yang lebih lama yaitu 5 tahun, berhenti merokok dapat memulihkan sirkulasi darah. Dalam tenggat waktu ini, resiko stroke mantan pecandu rokok menjadi sama dengan orang yang tidak perokok. Selain itu sistemm saraf dan kekebalan mantan pecandu rokok akan mengalami peningkatan yang signifikan.

Rokok

Rokok pixabay

Usai 10 tahun berpisah dengan rokok, maka resiko kanker paru-paru menjadi dua kali lebih kecil dari perokok. Selain itu menjauhi rokok selama 10 tahun juga dapat mengurangi resiko berbagai penyakit berbahaya seperti kanker intraoral, kanker tenggorokan, kanker kerongkongan, ginjal hingga kanker pankreas.

Menariknya, setelah berhenti merokok selama 15 tahun ternyata resiko mantan pecandu rokok terhadap penyakit jantung istemik menjadi sama dengan kaum non perokok. Siap sehat kan?

Baca juga:

Butuh Pengusir Kantuk Tanpa Kafein Saat Bekerja? Ini Solusinya!

Tips Agar Penurunan Berat Badan Anda Semakin Terasa menyenangkan

Mana yang Lebih Menyehatkan ? Mandi dengan Air Panas atau Air Dingin ? Ini Jawabannya !

Komitmen kami adalah memberikan informasi dan tips seputar kesehatan untuk Anda sekalian. Silahkan sebarluaskan informasi yang ada dalam web ini dengan menyarankannya kepada orang di sekitar Anda untuk membacanya. Dengan menyebarkan informasi kesehatan yang ada di web ini berarti Anda sudah berbagi kebaikan dengan sesama.

Sumber: brightside.me

Facebook Twitter Google Digg Whatsapp LinkedIn Reddit StumbleUpon Email

Add Your Comment