Apa Hubungan Kondisi Kulit dengan Depresi? Simak Penjelasan Berikut Ini

Sebuah studi yang dilakukan di New York University School of Medicine menyatakan bahwa seseorang lebih mudah terserang depresi dikarenakan rasa khawatir yang berlebihan terhadap penampilan daripada hal-hal lainnya. Apalagi jika seseorang mengalami proriasis, yakni penyakit kulit yang menyebabkan kondisi kulit tubuh seseorang nampak mengelupas.

psoriasis-depression

psoriasis-depression news.health

Kondisi kulit tubuhnya dapat menyebabkannya mengalami depresi seiring dengan tingkat keparahan yang terjadi padanya. Gangguan kulit yang menyebabkan kulit tubuh memerah, sehingga menimbulkan bercak di kulit itu akan nampak seperti sisik. Gangguan ini dapat muncul di sekitar kulit kepala, siku, lutut, wajah, punggung bawah, tangan dan kaki.

Seseorang dengan gangguan kulit seperti tersebut di atas biasanya akan berjuang dengan serius ketika memasuki lingkungan sosial. Tak hanya itu, dia akan berjuang untuk bisa terhindarkan dari penyakit serius lainnya yang bisa timbul akibat gengguan kulit ini, misalnya obesitas, tekanan darah tinggi, diabetes, dan pada akhirnya penyakit jantung serta stroke.

Mengapa bisa sejauh itu peranan gangguan kulit ini terhadap kesehatan seseorang? Tim dari U.S National Health and Nutrition Examination Survey menyatakan pasien berusia 18 tahun ke atas yang mengalami proriasis kebanyakan enggan untuk bergabung dengan orang lain. Dia akan menjadi pendiam, efeknya dia bisa lari pada makan secara berlebihan untuk mengatasi kegaluannya. Makan secara berlebihan dan tidak sehat, tentunya dapat menyebabkan penyakit kronis seperti yang sudah disebutkan.

Kulit Kering

Kulit Kering usalovelist

Tim menemukan hampir 17 persen pasien psoriasis mengalami depresi yang berat. Peneliti juga mengamati bahwa pasien psoriasis yang mengalami fepresi lebih mungkin untuk mengalami gangguan fungsional pada organ tubuh lainnya dikarenakan dia tertekan dengan kondisinya.

Dokter kulit dan seorang asisten profesor dermatologi di Mount Sinai School of Medicine di New York City mengatakan hubungan antara gangguan kulit tersebut dengan depresi merupakan sebuah masalah serius yang penting untuk diperhatikan, sebab hal ini terkait pula dengan metode pengobatan yang harus diberikan. Para peneliti perlu mencari keterkaitan, bahwa kemungkinan resiko depresi semakin parah terkait pula dengan obat yang digunakan untuk mengobati psoriasis.

Baca juga informasi kesehatan lainnya seperti:

Manfaat seafood untuk kesehatan dan kecantikan kulit

Gejala dan cara mengatasi alergi protein susu sapi pada anak

Perawatan tubuh dengan cryotherapy

Komitmen kami adalah memberikan informasi dan tips seputar kesehatan untuk Anda sekalian. Silahkan sebarluaskan informasi yang ada dalam web ini dengan menyarankannya kepada orang di sekitar Anda untuk membacanya. Dengan menyebarkan informasi kesehatan yang ada di web ini berarti Anda sudah berbagi kebaikan dengan sesama.

Sumber: www.news.health.com

Facebook Twitter Google Digg Whatsapp LinkedIn Reddit StumbleUpon Email

Add Your Comment