Aneka Makanan Sehat untuk Kulit Anda

Tomat

Tomat ourhomeworks

Salah satu fungsi makanan adalah untuk menutrisi kulit. Lebih spesifik lagi, ternyata suatu makanan tertentu memiliki fungsi tersendiri lho! Mulai dari makanan yang bermanfaat meningkatkan produksi kolagen hingga makanan yang berkhasiat untuk melindungi dari pengaruh buruk sinar matahari. Berikut beberapa contoh menariknya!

Makanlah flavonols jika ingin meningkatkan tekstur kulit Anda. Seperti yang banyak diketahui, makanan yang mengandung flavonols menawarkan antioksidan yang mampu mengurangi tekstur kasar pada kulit. Anda dapat menikmati khasiat ini dengan mengkonsumsi bluebery, terong, tomat ataupun kacang-kacangan. Di tanggal muda Anda dapat mengagendakan untuk membeli bluebery, sedangkan di akhir bulan Anda dapat mengandalkan tomat.

Untuk melindungi kulit dari efek buruk sinar matahari cobalah untuk mengkonsumsi lycopene. Seperti yang banyak diketahui, matahari dapat mempercepat penuaan dini. Mengkonsumsi makanan yang mengandung lycopene dapat membantu mengurangi radikal bebas yang disebabkan oleh sinar matahari. Selain dapat memperolehnya dari tomat yang telah dimasak, Anda juga dapat menikmati lycopene dari semangka, jeruk merah ataupun kubis merah. Makanan yang mengandung vitamin E seperti kiwi dan pepaya juga dapat melindungi kulit dari paparan buruk sinar ultraviolet (UV).

Buah yang mengandung katekin seperti buah cerry, blackberry, rasberry, plum, apel, pir dan cokelat hitam bermanfaat untuk menetralkan perubahan pada kulit yang disebabkan karena paparan sinar matahari. Sedangkan untuk mengurangi inflamasi dan ruam pada wajah Anda dapat menikmati ikan ataupun tofu. Asam lemak omega 3 diketahui dapat melawan keriput pada wajah. Jadi selain mengenyangkan, kedua makanan yang kerap dijadikan lauk tersebut ternyata mampu melawan keriput. Menarik ya?

Untuk kulit berjerawat, Anda dapat mengkonsumsi tiram, buncis, kacang mete, yogurt, dan susu. Makanan tersebut merupakan contoh makanan yang mengandung zinc. Selain sebagai anti inflamasi, zinc juga mempengaruhi produksi sebum pada wajah. Untuk menjaga elastisitas kulit Anda dapat mengkonsumsi ikan tuna, kalkun, low fat cottage cheese dan tiram.

Sayuran Hijau

Sayuran Hijau mezessf

Berbicara soal kesehatan dan kecantikan kulit, tentu erat kaitannya dengan kolagen. Untuk meningkatkan produksi kolagen Anda dapat melakukannya dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin C seperti dark leafy greens, brokoli, strawberry, paprika dan tentu saja jeruk. Namun demikian, sebaiknya Anda tetap membatasi jumlah makanan yang dikonsumsi sehari-hari ya! Konsumsi berlebih umumnya tidak membawa manfaat yang baik bagi tubuh.

Baca juga:

Menggunakan Makanan Fermentasi Demi Kesehatan Kulit

Daftar Makanan yang Membuat Tubuh Mudah Lelah

Tips Menjaga Keamanan Asupan Makanan pada Ibu Hamil

Komitmen kami adalah memberikan informasi dan tips seputar kesehatan untuk Anda sekalian. Silahkan sebarluaskan informasi yang ada dalam web ini dengan menyarankannya kepada orang di sekitar Anda untuk membacanya. Dengan menyebarkan informasi kesehatan yang ada di web ini berarti Anda sudah berbagi kebaikan dengan sesama.

Sumber: stylecaster.com

Facebook Twitter Google Digg Whatsapp LinkedIn Reddit StumbleUpon Email

Add Your Comment