Alternatif Mengurangi Nyeri Saat Haid

amidiaelle.blogspot.com

amidiaelle.blogspot.com

Haid atau menstruasi merupakan siklus bulanan alamiah yang dialami wanita. Ada sebagian wanita yang biasa saja saat menghadapi menstruasi karena tidak merasakan sakit ataupun nyeri yang berarti. Namun demikian ada pula yang mengalami rasa nyeri yang terkadang dapat mengganggu aktivitas sehari-hari. Nah jika Anda adalah satu dari banyak wanita yang merasakan nyeri kala haid, maka jangan kemana-mana dulu. Simak beragam cara mengurangi rasa nyeri haid sesaat lagi!

Pertama, lakukan pengalihan perhatian seperti tetap melakukan aktivitas sehari-hari. Dikutip dari health.detik.com, dengan melakukan beragam aktivitas sebagai pengalihan perhatian dapat mengurangi rasa nyeri dibandingkan dengan berdiam diri di rumah. Selain itu, jangan lupa untuk memperbanyak mengkonsumsi air putih atau buah yang mengandung banyak air. Seperti yang telah banyak diketahui, saat terjadi menstruasi maka ladies akan mengeluarkan lebih banyak cairan bukan? Selain itu sebaiknya hindari dulu minuman bersoda atau kopi yang dapat membuat perut terasa kembung.

 celuktherapi.com

celuktherapi.com

Mengompres perut dengan botol kaca yang telah diisi dengan air hangat dan cukup istirahat juga ditengarai mampu mengurangi rasa nyeri saat haid. Namun  jika nyeri yang dirasakan sangat berat, tentu saja tidak akan hilang begitu saja dengan melakukan ketiga kegiatan tersebut. Jika mengalami kondisi yang demikian sebaiknya langsung periksa saja ke dokter supaya mendapat penanganan yang lebih lanjut.

Selain ketiga cara di atas terdapat pula beragam cara lain yang ditengarai mampu mengurangi rasa sakit saat haid datang. Pertama adalah dengan mengkonsumsi lebih banyak zat besi seperti daging merah, hati ayam, kacang-kacangan dan bayam. Seperti yang telah banyak diketahui, saat menstruasi wanita lebih sering terkena anemia. Selain itu hendaknya ladies juga mengurangi konsumsi makanan yang mengandung garam, apalagi jika Anda merasa “bengkak” saat jadwal datang bulan tiba.

“Bengkak” pada saat menstruasi dapat terjadi karena hormon meminta tubuh untuk mengikat air lebih banyak. Seperti yang banyak diketahui, garam memiliki sifat dapat mengikat lebih banyak cairan tubuh. Dengan demikian untuk mengurangi efek “bengkak” saat haid Anda dapat dilakukan dengan mengurangi konsumsi garam bukan? Dua makanan yang memiliki kandungan garam tinggi adalah mie instan dan keripik. Bagaimana ladies, tertarik mencobanya bukan? Semoga bermanfaat.

Baca juga:

Mengenal Mammogram, Tes Kesehatan Payudara

Beragam Manfaat Bunga Mawar Untuk Menjaga Kecantikan

Cara Alami Menghilangkan Sakit Tenggorokan 

Komitmen kami adalah memberikan informasi dan tips seputar kesehatan untuk Anda sekalian. Silahkan sebarluaskan informasi yang ada dalam web ini dengan menyarankannya kepada orang di sekitar Anda untuk membacanya. Dengan menyebarkan informasi kesehatan yang ada di web ini berarti Anda sudah berbagi kebaikan dengan sesama.

Sumber: health.detik.com dan vemale.com

Facebook Twitter Google Digg Whatsapp LinkedIn Reddit StumbleUpon Email

Add Your Comment