Alasan Mengapa Mulut Berliur Saat Tidur

dari achmadnurfauzi12.blogspot.com

dari achmadnurfauzi12.blogspot.com

Pernahkah Anda mengalami banyak air liur yang menetes dari mulut saat bangun tidur? Menetes di sekitar mulut bahkan menetes di bantal. Itu tandanya Anda telah tidur sambil ngiler! Ngiler disebut juga dengan sialorrhea, kondisi yang dialami oleh jutaan orang dalam tidurnya setiap malam. Dan hal ini terjadi ketika seseorang bermimipi atau saat istirahat. Salah satu penyebab kondisi berliur saat tidur adalah akibat mulut kering sehingga hal tersebut memicu mulut untuk memproduksi air liur berlebih.

Selain itu, ada juga beberapa kondisi lain yang memicu air liur berlebih saat tidur, diantaranya:

  • Tidur dengan mulut terbuka. Tidur dengan kondisi seperti ini menyebabkan mulut kering lebih cepat karena kelembaban dari mulut hilang.
  • Hal ini memicu air liur yang ada di dalam mulut untuk keluar, sehingga membuat orang berliur.
  • Efek samping dari obat yang dikonsumsi. Beberapa obat terkadang memiliki efek samping seperti mulut kering atau menyebabkan adanya gangguan pada kelenjar yang bertugas memproduksi air liur.
  • Adanya masalah pada gigi, seperti infeksi pada gigi atau gusi orang tersebut dapat mempengaruhi air liur.
  • Memiliki anatomi mulut yang tidak normal, seperti lidah yang terlalu besar, gigi yang terlalu rapat atau pembesaran kelenjar limpa.

    dari www.mediabaca.com

    dari www.mediabaca.com

Jangan khawatir jika Anda sering mengalami hal tersebut, bisa jadi Anda tidak sendirian. Dan kami disini akan memberikan solusi untuk mengatasinya. Namun Anda harus mengetahui apa penyebabnya terlebih dahulu. Cara terbaik untuk mengurangi kondisi ini adalah dengan menghindari posisi tidur miring, karena posisi ini akan mendorong rahan Anda untuk terbuka sehingga menyebabkan mulut terbuka saat tidur. Jika penyebabnya adalah kondisi medis, maka tidak ada salahnya untuk berkonsultasi dengan dokter. Mungkin memang ada yang salah dengan zat yang memproduksi air liur dalam mulut Anda. Jika memang air liur yang keluar memang berlebihan, biasanya dokter akan memberi resep obat untuk Anda, gunanya adalah mengurangi produksi jumlah air liur yang dihasilkan oleh kelenjar. Setelah diberi resep obat oleh dokter, jangan lupa untuk meminum air putih dalam jumlah banyak, karena obat yang diberikan biasanya menyebabkan dehidrasi.

Baca artikel lainnya:

Cara Jitu Mengecilkan Perut yang Buncit

Minuman Ini Berbahaya Jika Digunakan Untuk Minum Obat!

Aneka Tips Kecantikan Minimalis yang Patut Diketahui

Komitmen kami adalah memberikan informasi dan tips seputar kesehatan untuk Anda sekalian. Silahkan sebarluaskan informasi yang ada dalam web ini dengan menyarankannya kepada orang di sekitar Anda untuk membacanya. Dengan menyebarkan informasi kesehatan yang ada di web ini berarti Anda sudah berbagi kebaikan dengan sesama.

Sumber: terselubung.in

Facebook Twitter Google Digg Whatsapp LinkedIn Reddit StumbleUpon Email

Add Your Comment