Air Bilasan Beras Untuk Perawatan Tubuh

photo from www.rsud.patikab.go.id

photo from www.rsud.patikab.go.id

Biasanya, sebelum menanak nasi, sudah pasti Anda mencuci beras tersebut agar pasir, dan kulit-kulit yang masih tertinggal bisa ikut hilang. Terkadang juga dari beras tersebut masih ada batu-batu kecil atau kerikil yang masih ada di beras tersebut. Namun tahukah Anda bahwa air cucian beras dapat digunakan untuk perawatan tubuh? Air dari cucian beras dapat membantu untuk mengencangkan pori-pori dan membuat wajah akan tampak lebih segar dan bercahaya. Lalu dapat juga digunakan sebagai kondisioner setelah Anda selesai keramas.

Cara membuat air cucian beras cukuplah mudah, dan hampir semua orang mengetahuinya. Bahan yang digunakan tentulah beras yang organik, tidak usah terlalu banyak, cukup satu cangkir saja atau secukupnya, air bersih, dan toples dengan tutupnya. Caranya, ambil satu cangkir beras organik lalu tambahkan air pada cangkir tersebut hingga beras terendam oleh air. Mengapa menggunakan beras organik? Alasannya adalah, beras organik bebas dari pestisida dan pupuk, jadi beras organik lebih bersih dari beras lokal. Biarkan rendaman beras tadi selama beberapa menit hingga berubah menjadi lebih keruh dari sebelumnya. Lalu simpan pada toples yang telah Anda persiapkan, tutup rapat dan masukkan dalam lemari es, dan air cucian tersebut dapat digunakan selama 4 hingga 5 hari.

Cara menggunakannya pada wajah, cukup bersihkan wajah Anda kemudian rendam kapas bersih pada air cucian beras yang sudah Anda buat tadi untuk mengusapkannya pada wajah Anda. Selain dapat mengencangkan pori-pori, air cucian beras yang digunakan pada wajah juga dapat membersihkan dan mengangkat kotoran-kotoran dan menghaluskan wajah. Hal ini disebabkan oleh kandungan yang dimiliki beras yaitu zat oryzanol yang dipercaya memperbarui pembentukan pigmen melamin serta bisa menetralisir dampak buruk sinar ultraviolet. Meminum air cucian beras juga dapat memberikan manfaat bagi kesehatan. Air cucian beras dapat memberikan energi karena terdapat karbohidrat, asam amino, dan berbagai vitamin yang berbeda-beda pada beras tergantung pada jenis dari beras tersebut.

photo from natharika-gohealth.blogspot.com

photo from natharika-gohealth.blogspot.com

Perbedaan warna beras yang digunakan juga dapat memengaruhi kondisi dari wajah Anda sesuai kegunaannya masing-masing. Beras putih yang mempunyai warna agak transparan paling cocok digunakan untuk Anda yang mempunyai kulit normal yang cenderung berminyak. Beras merah dengan warna merah keunguannya cocok untuk dipakai oleh Anda yang mempunyai kulit normal yang cenderung kering. Dan beras hitam yang berwarna ungu pekat mendekati hitam yang juga jenis beras yang sangat langka, cocok digunakan untuk segala jenis kulit.

Baca artikel lainnya tentang bahan-bahan rumah tangga yang dapat digunakan sebagai produk kecantikan:

DIY Beauty Product: Beragam Manfaat Baking Soda

Rawat Bibir Anda Dengan Lulur Bibir Buatan Sendiri

Membuat Lulur Kecantikan Sendiri di Rumah

Komitmen kami adalah memberikan informasi dan tips seputar kesehatan untuk Anda sekalian. Silahkan sebarluaskan informasi yang ada dalam web ini dengan menyarankannya kepada orang di sekitar Anda untuk membacanya. Dengan menyebarkan informasi kesehatan yang ada di web ini berarti Anda sudah berbagi kebaikan dengan sesama.

Sumber: 7beautytips.com

Facebook Twitter Google Digg Whatsapp LinkedIn Reddit StumbleUpon Email

Add Your Comment