Agar Tetap Fit Selama Menjalankan Puasa

Olahraga di Bulan Puasa

Olahraga di Bulan Puasa greenprophet

Menjaga agar tetap fit selama bulan puasa merupakan hal yang wajib dilakukan setiap orang. Apapun alasannya puasa tidak boleh dijadikan alasan untuk bermalas-malasan. Apalagi jika Anda sudah memasuki dunia kerja, puasa tetap disibukkan dengan beragam deadline dari tempat kerja. Berikut ini tips agar Anda tetap fit selama menjalankan puasa!

Sebelum bulan puasa tiba, alangkah lebih baik jika Anda mengkonsultasikan pola makan dengan olahraga yang cocok dengan umur dan kondisi kesehatan Anda. Apalagi jika Anda memiliki riwayat penyakit tertentu yang mengharuskan Anda untuk menghindari beberapa makanan tertentu. Dokter  tentu akan memberikan alternatif terbaik untuk Anda, baik itu kombinasi makanan ataupun pilihan terbaik olahraga yang cocok untuk Anda.

Selanjutnya pilihlah kombinasi makanan dengan cakupan gizi yang seimbang. Perhatikan pula konsumsi protein saat berpuasa. Protein merupakan sumber nutrisi utama yang baik untuk dikonsumsi baik saat sahur ataupun berbuka. Ini disebabkan karena protein dicerna dan diserap tubuh secara perlahan dan konstan sehingga dapat menyuplai energi secara berkala.

Contoh Menu SaatPuasa

Contoh Menu SaatPuasa supersana

Jangan lupa untuk memasukkan makanan kaya serat seperti buah dan sayur dalam menu sahur Anda. Selain dapat memenuhi kebutuhan tubuh akan serat serta mencegah terjadinya konstipasi, jenis makanan ini memiliki indeks glikemik (IG) yang rendah. IG rendah dapat mempertahankan kestabilan kadar gula darah dalam jangka  waktu yang lebih lama. Sebagai sumber karbohidrat Anda dapat mengkonsumsi beras merah, oatmeal ataupun roti gandum.

Untuk menghindari kembung atau perut terasa sesak, makanlah dengan porsi secukupnya saja, baik saat sahur ataupun berbuka. Selain itu makanlah secara bertahap, pelan-pelan dan tidak langsung mengambil makan besar. Sebisa mungkin hindarilah makanan berminyak saat berpuasa. Makanan ini dapat membuat sel darah merah menjadi menggumpal sehingga dapat menyebabkan aliran oksigen menjadi berkurang hingga 20%. Akibatnya Anda dapat mengantuk di siang hari. See?

Infused Water

Infused Water wikinewforum

Untuk menghindari dehidrasi jangan lupa untuk tetap menjaga konsumsi air putih Anda. Cara termudahnya adalah dengan mengatur minum Anda selama sehari penuh. Mulai dari saat sahru tiba hingga saat buka puasa dan juga setelah melakukan  sholat tarawih. Anda juga dapat mengakali konsumsi air putih dengan mengkonsumsi makanan berkuah seperti sup ataupun soto. Jika bosan dengan air putih, Anda dapat mencoba teknik infused water.

Baca juga:

Tips Memilih Buah atau Rempah dalam Infused Water

Larutan untuk Menghilangkan Pestisida pada Buah dan Sayur

Cara Menyiapkan Makanan dengan Aman

Komitmen kami adalah memberikan informasi dan tips seputar kesehatan untuk Anda sekalian. Silahkan sebarluaskan informasi yang ada dalam web ini dengan menyarankannya kepada orang di sekitar Anda untuk membacanya. Dengan menyebarkan informasi kesehatan yang ada di web ini berarti Anda sudah berbagi kebaikan dengan sesama.

Sumber:

meetdoctor.com, wolipop.detik.com dan www.republika.co.id

Facebook Twitter Google Digg Whatsapp LinkedIn Reddit StumbleUpon Email

Add Your Comment