Agar Si Kecil Tidak Kekurangan Serat

anak

anak pixabay

Serat merupakan salah satu bahan makanan sehat yang wajib dikonsumsi setiap hari, tak terkecuali bagi si kecil. Selain menyehatkan pencernaan, serat akan menjauhkan si kecil dari konstipasi. Namun demikian, ada sebagian anak yang cenderung kurang menyukai makanan berbahan dasar sayur ataupun buah segar. Bagaimana trik mudah agar anak melirik keduanya? Berikut beberapa diantaranya!

Pertama tentu dengan menghidangkan sayuran dalam bentuk semenarik mungkin. Bagaimanapun juga anak akan lebih tertarik dengan makanan yang dikemas unik. Sejalan dengan perkembangan teknologi, kini telah banyak penyajian bento menarik yang dapat diakses melalui beragam media sosial. Dengan menyajikan menu beragam dan berbeda setiap harinya akan menambah antuisasme anak setiap jam makan tiba.

Kedua, ajak anak untuk berbelanja. Di sini Anda dapat kembali mengenalkan beragam nama buah dan sayur kepada si kecil. Selain itu anak dapat memilih sendiri buah dan sayur yang dikehendaki. Umumnya anak akan merasa lebih senang jika buah atau sayuran pilihan mereka ada dalam menu masakan. Selain itu mengajak anak berbelanja juga dapat menjadi kegiatan mengasyikkan di akhir pekan lho!

Ketiga, kenalkan anak dengan aktivitas yang berhubungan dengan sayur atau buah. Cara termudahnya adalah dengan aktivitas menggambar dan mewarnai. Anda juga dapat mengajari anak cara bercocok tanam, baik di halaman rumah ataupun di berbagai destinasi agrowisata terdekat. Selain dapat menambah wawasan si kecil, memetik sayur dari kebun atau agrowisata terdekat tentu dapat menambah antusiasme buah hati terhadap buah dan sayur.

Keempat, Anda dapat mengenalkan tokoh kartun unik yang menyukai sayuran. Popeye misalnya. Sebuah tokoh kartun ternama yang dikenal gemar memakan bayam. Dalam serial kartun ini digambarkan bahwa Popeye memiliki kekuatan yang lebih setelah makan bayam. Sembari menonton serial ini Anda bisa memacu anak untuk kembali makan sayur. “Kalau Popeye suka bayam, adik suka apa ya?”. Jawaban dari si kecil dapat dijadikan sumber serat dominan yang dikonsumsi. Selanjutnya, sisipkan pula jenis buah atau sayuran lainnya.

sayuran

sayuran pixabay

Selanjutnya, Anda dapat menyisipkan sayur yang dihaluskan dalam makanan favorit si kecil. Misalnya jika anak menyukai nugget, Anda dapat membuatnya sendiri dengan tambahan sayur pilihan yang telah dihaluskan. Campuran sayur atau buah juga dapat dihidangkan dalam beragam makanan seperti topping pizza, telur dadar, muffin hingga campuran nasi goreng ataupun saus spaghetti favorit buah hati.

Baca juga:

Hindari Menjadi Perokok Pasif!

Tips Memilih Mainan Plastik yang Aman untuk Anak

Mengenal Siklus Tidur Anak

Komitmen kami adalah memberikan informasi dan tips seputar kesehatan untuk Anda sekalian. Silahkan sebarluaskan informasi yang ada dalam web ini dengan menyarankannya kepada orang di sekitar Anda untuk membacanya. Dengan menyebarkan informasi kesehatan yang ada di web ini berarti Anda sudah berbagi kebaikan dengan sesama.

Sumber: www.ayahbunda.co.id

Facebook Twitter Google Digg Whatsapp LinkedIn Reddit StumbleUpon Email

Add Your Comment