Agar Punggung Tidak Sakit Ketika Bangun Tidur

| Posted : 13 May 2014 | Headline, Tips Sehat No comments
Photo from www.sheknows.com

Photo from www.sheknows.com

Nyeri punggung saat bangun tidur memang menyebalkan, dan bisa saja merusak mood Anda seharian.

Rasa sakit pada punggung dapat menyerang siapa saja dan dapat terjadi karena beberapa hal. Misalnya saja, karena akan menstruasi atau posisi tidur yang salah. Nah, penyebab karena posisi tidur yang salah adalah salah satu hal yang paling sering dialami oleh beberapa orang sebagai gangguan saat tidur. Pasalnya, nyeri punggung akan sangat mempengaruhi kualitas Anda saat tidur. Bagaimana Anda dapat tidur dengan nyenyak jika punggung Anda sakit.

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah cara meletakkan tubuh yang benar saat tidur. Hal ini untuk menghindari tekanan pada punggung Anda. Letakkan bantal di bawah lutut ketika Anda tidur terlentang, dan letakkan bantal diantara lutut ketika Anda tidur menyamping. Hal tersebut dilakukan untuk mempertahankan bentuk tulang belakang saat Anda tidur. Setelah itu, gulung handuk dan ikat pada pinggang (simpul ikatan berada di depan perut).

Lalu jika Anda ingin berbaring (dari posisi berdiri) duduklah terlebih dahulu dan topang tubuh Anda dengan tangan, naikkan dan tekuk lutut Anda kemudian baru berbaring. Dan sebaliknya, jika Anda ingin bangun dari kasur (dari posisi terlentang), miringkan tubuh Anda terlebih dahulu, lalu gunakan tangan untuk menopang tubuh dan turunkan kaki ke lantai.

Photo from seel-media.biz

Photo from seel-media.biz

Perlu Anda ketahui, berbaring terlalu lama dapat membuat tulang bertambah kaku. Jadi, berbaringlah secukupnya dan jangan terlalu lama. Selain memperhatikan beberapa posisi yang bisa menghindari Anda dari sakit punggung saat tidur, Anda pun perlu memperhatikan kualitas dari tidur tersebut.

Agar kualitas tidur Anda meningkat, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, diantaranya jauhi ponsel saat hendak tidur, jangan buka sosial media dan situs – situs lainnya.

Mengapa tidak boleh bermain handphone saat mau tidur ? Ya, sebagian orang merasa susah jauh – jauh dari smartphone, bahkan beberapa diantaranya mengatakan, bisa stres seharian jika Blackberry tertinggal di rumah. Tapi kenyataannya dengan terlalu ketergantungan dengan ponsel justru bisa lebih stressful.

Penelitian terbaru dari Kent State University menemukan, pelajar yang menghabiskan waktunya bersama ponsel jauh lebih terlihat letih daripada yang tidak.

Photo from mashable.com

Photo from mashable.com

Stress expert, Sandra Thebaud, Ph.D., menjelaskan, kebiasaan orang menggunakan ponsel memang tidak bisa dihilangkan begitu saja, tapi cobalah untuk memilih silent mode ketika Anda ingin bersantai.

Browsing media sosial juga kegiatan yang tidak dianjurkan saat tubuh Anda seharusnya istirahat. Sebuah riset dari University of Edinburgh menemukan bahwa orang dengan jumlah teman Facebook yang banyak lebih mudah stres dari yang hanya memiliki sedikit teman di media sosial tersebut.

Para peneliti juga menjelaskan, dengan terus mempedulikan apa yang teman – teman Anda share, pasti akan menyita waktu.

Artikel lainnya :

Cara Kreatif Menyelesaikan Masalah

Apa yang Harus Dilakukan untuk Menjadi Wanita Elegan

Meredakan Penyakit Tanpa Obat

 

Komitmen kami adalah memberikan informasi dan tips seputar kesehatan untuk Anda sekalian. Silahkan sebarluaskan informasi yang ada dalam web ini dengan menyarankannya kepada orang di sekitar Anda untuk membacanya. Dengan menyebarkan informasi kesehatan yang ada di web ini berarti Anda sudah berbagi kebaikan dengan sesama.

Sumber : MeetDoctor

Facebook Twitter Google Digg Whatsapp LinkedIn Reddit StumbleUpon Email

Add Your Comment