Agar Buah dan Sayur Bebas Pestisida

Mencuci Sayur

Mencuci Sayur renegadehealth.com

Sampai saat ini buah dan sayur masih menjadi alternatif pilihan banyak orang yang sedang melakukan diet, menjaga berat badan ataupun mengungari berat badan. Namun semakin tinggi ilmu pengetahuan, semakin tinggi pula teknologi untuk meningkatkan komoditi pertanian. Salah satunya adalah penggunaan pupuk.

Meski sayur dan buah merupakan bahan makanan yang sehat, namun masih terdapat kemungkinan bahwa pupuk masih tersisa pada buah ataupun sayur favorit Anda. Apalagi jika Anda lebih suka menikmatinya dalam keadaan mentah seperti dibuat salad, jus ataupun smoothie.

Terkait hal ini, ternyata Center for Science and Environment (CSE) menyatakan bahwa residu pestisida dalam jumlah yang besar  berefek buruk bagi kesehatan tubuh. Selain bersifat toksik atau meracuni tubuh, konsumsi pestisida dalam jumlah besar juga dapat menyebabkan kanker, kerusakan sistem saraf dan sistem perkembangbiakan serta kerusakan sistem imun tubuh. Hiii!

Nah, untuk hasil terbaik, pastikan Anda mengetahui panduan mencuci buah dan sayur yang benar sehingga Anda dapat memetik manfaat keduanya secara maksimal. Berikut beberapa cara mudah yang dapat dilakukan untuk mendapatkan buah dan sayur bebas pestisida!

Berdasarkan penelitian Yu-Shan dkk menyebutkan bahwa air garam terbukti efektif menghilangkan residu pestisida. Pembanding dalam hal ini adalah mencuci dengan air biasa. Selain murah dan mudah dilakukan, larutan garam juga tidak mengandung bahan kimia buatan sehingga lebih aman saat digunakan.

Pertama-tama Anda dapat mengurangi kotoran yang terdapat dalam buah atau sayur dengan proses pencucian di bawah air yang mengalir. Cara ini ditengarai mampu mengurangi residu pestisida, kotoran bahkan kuman hingga 75 hingga 80%. Jika ingin menggunakan cairan garam, Anda dapat membuat larutan garam 2%. Bagaimana caranya? Tinggal tambahkan 2 gram garam dalam 100 ml air atau 20 ml dalam 1 liter air.

Selain itu terdapat pula beberapa cara lain yang dapat dilakukan untuk menghilangkan sisa pestisida dalam sayur atau buah. Salah satunya adalah dengan mencelupkannya pada air hangat. Untuk sayuran, Anda dapat mengurangi paparan pestisida dnegan cara mengukus. Meski demikian dua proses di atas tetap harus melewati tahap pencucian dengan air bersih yang mengalir. Terkait hal ini, pengolahan makanan lainnya seperti menumis juga sudah mengurangi jumlah pestisida.

Mencuci Buah

Mencuci Buah modernfarmer.com

Satu lagi yang perlu diketahui, sebisa mungkin hindarilah mencuci dengan sabun pencuci piring. Bagaimanapun juga benda mati seperti piring, gelas dan sendok tidak memiliki pori-pori. Berbeda dengan buah dan sayur yang berpori sehingga dapat menyerap sabun sehingga semakin sulit untuk dibilas.

Baca juga:

Kebiasaan Sepele yang Dapat Menggagalkan Diet Anda

Mengenal Revolusi Kesehatan Bernama Detox Diet

Cara Mudah Mengurangi Nafsu Makan

Komitmen kami adalah memberikan informasi dan tips seputar kesehatan untuk Anda sekalian. Silahkan sebarluaskan informasi yang ada dalam web ini dengan menyarankannya kepada orang di sekitar Anda untuk membacanya. Dengan menyebarkan informasi kesehatan yang ada di web ini berarti Anda sudah berbagi kebaikan dengan sesama.

Sumber: www.klikdokter.com

Facebook Twitter Google Digg Whatsapp LinkedIn Reddit StumbleUpon Email

Add Your Comment