8 Makanan yang Dapat Membantu Mengobati Insomnia

| Posted : 17 Sep 2014 | Headline, Tips Sehat No comments
photo from stevebayner.com

photo from stevebayner.com

Sepertinya kesulitan tidur di malam hari atau insomnia pasti hampir semua orang pernah mengalaminya. Lalu setelah itu siklus tidur bisa berubah, terjaga di malam hari dan tidur pulas di siang hari yang mana harusnya Anda lebih produktif. Sindrom terbaliknya siklus tidur ini disebut nocturnal, atau makhluk malam.

Jika Anda merasa sulit untuk tidur, dan sering mengkonsumsi obat-obatan yang membantu untuk tidur. Sebaiknya tidak udah mengkonsumsinya lagi karena obat-obatan tersebut dapat memicu ketergantungan dan berisiko lebih besar terkena kanker atau lebih buruk kematian. Simak 8 makanan yang dapat membantu mengobati insomnia berikut ini.

  1. Madu

Beberapa sendok teh madu dengan segelas susu hangat atau teh herbal yang dikonsumsi satu jam sebelum tidur dapat membantu saraf-saraf dalam tubuh Anda lebih rileks sehingga dapat mengurangi kewaspadaan dan dapat membantu menenangkan diri.

  1. Pisang

Pisang adalah sumber potasium yang baik. Mineral ini adalah pemicu utama dalam kenyenyakan tidur Anda. Pisang juga menyimpan banyak tryptophan dan magnesium yang dapat memberikan efek sebagai obat penenang. Lupakan obat tidur dan banyaklah makan pisang!

  1. Kacang-kacangan

Mengkonsumsi kacang-kacangan dapat meningkatkan serotonin, hormon di dalam otak yang dihasilkan ketika Anda merasa bahagia dan puas. Hormon setotonin juga mempunyai kadar tryptophan dan magnesium yang menenangkan setelah memakan 10-15 butir kacang.

  1. Yoghurt
photo from commons.wikimedia.org

photo from commons.wikimedia.org

Sama seperti semua produk susu, yoghurt adalah fermentasi dari susu yang tidak kehilangan manfaatnya, yaitu kalsium. Mineral yang dibutuhkan untuk meningkatkan tryptophan dan melatonin, yaitu dua hormon yang memiliki efek untuk meningkatkan nyeyak atau tidaknya tidur Anda.

  1. Cherry

Diketahui bahwa ceri bisa menciptakan kantuk karena buah ini kaya akan melatonin. Mengkonsumsi buah ceri dapat memberikan tidur malam Anda yang berkualitas

  1. Teh Herbal

Tidak berlaku pada teh hitam atau teh hijau karena keduanya mengandung kafein. Pilih teh chamomile, selain rasanya yang ringan dan juga aromanya yang harus, teh ini berguna untuk memanggil rasa kantuk Anda.

  1. Anggur

Seperti ceri, anggur mempunyai kadar melatonin yang tinggi, dan hormon ini dapat membantu Anda untuk mengontrol siklus tidur-bangun sehari-hari. Tapi bukan untuk mengkonsumsi segelas anggur, tapi lebih baik jika anggur segar, berupa buah.

  1. photo from scarletwords.com

    photo from scarletwords.com

    Telur

Tryptophan adalah asam amino yang dapat ditemukan dalam beberapa makanan. Seperti contoh; telur. Salah satu makanan ringan yang sehat sebelum tidur yang dapat membantu menghilangkan insomnia.

Artikel lainnya:

DIY Beauty Product: Beragam Manfaat Baking Soda

Berenang, Olahraga Paling Baik Untuk Dilakukan

Dampak Buruk Matahari dan Polusi Pada Kulit

Komitmen kami adalah memberikan informasi dan tips seputar kesehatan untuk Anda sekalian. Silahkan sebarluaskan informasi yang ada dalam web ini dengan menyarankannya kepada orang di sekitar Anda untuk membacanya. Dengan menyebarkan informasi kesehatan yang ada di web ini berarti Anda sudah berbagi kebaikan dengan sesama.

Sumber: http://wmnlife.com

Facebook Twitter Google Digg Whatsapp LinkedIn Reddit StumbleUpon Email

Add Your Comment