7 Tips yang Aman Bagi Para Pengguna Lensa Kontak

photo from www.daviddarling.info

photo from www.daviddarling.info

Semua orang yang pernah menggunakan lensa kontak pasti akan merinding ketika mendengar tentang gadis yang tidak pernah melepas lensa kontaknya selama setengah tahun, dan matanya sudah hancur akibat amoeba pemakan daging.

Meskipun itu bukan kisah nyata atau kisah nyata sekalipun, pastinya ngeri ketika mendengar hal itu, karena infeksi yang diderita benar-benar nyata, tetapi sangat langka dan dapat dihindari untuk orang-orang yang mengikuti prosedur menggunakan lensa kontak secara higienis.

  1. Sebelum tangan Anda menyentuh lensa, pastikan Anda sudah mencuci tangan dengan sabun hingga bersih dan tempat penyimpan lensa kontak Anda ada di tempat yang bersih. Menyentuh lensa dengan tangan yang kotor dapat mengakibatkan infeksi mata yang menular, bahkan bisa membuat Anda buta.

2. Orang yang mempunyai banyak alergi, sangat riskan dalam menggunakan lensa kontak. Karena serbuk sari atau ketombe bisa langsung masuk ke bola mata dan lengket disana. Bila Anda mempunyai alergi, gantilah menggunakan kacamata. Jika tidak bisa tanpa menggunakan lensa, coba gunakan lensa harian.

3.Jangan melupakan cairan tetes mata. Anda harus siap sedia tetes mata dimanapun Anda berada. Sangat tidak memungkinkan melihat dengan lensa kontak yang kering karena dapat mengganggu dan bisa membuat bola mata meregang. Gunakan cairan tetes mata sesering mungkin dan pakai dengan kandungan efek antihistamin jika Anda mengidap suatu alergi.

photo from coopervision.com

photo from coopervision.com

4. Perhatikan tanggal kadaluarsa yang ada pada kemasan. Jika tertulis dua minggu di kemasan, hancurkan lensa kontak itu tidak lama setelah masa berakhirnya. Jika menggunakan lebih dari waktu yang tertera pada kemasan, bisa mengakibatkan penderitaan seperti infeksi.

5.Ketika mandi atau berenang, lepas lensa kontak Anda. Lensa kontak biasanya berbahan silikon dan mudah menyerap. Anda tidak tahu apa yang ada di dalam air, bisa jadi lensa kontak menyerap bakteri parasit dan menyebarkannya di dalam mata Anda.

6.Beri waktu istirahat dalam penggunaan sehari-hari. Anda menggunakan lensa kontak sehari-hari? Berarti Anda harus memberikan waktu mata Anda untuk beristirahat. Lepas jika sudah tidak beraktivitas atau sedang beristirahat di rumah sepulang dari kerja.

7. Temui dokter mata minimal satu tahun sekali. Tanpa catatan yang pasti, Anda tidak bisa membeli lensa dengan ukuran yang pas. Jika kemampuan melihat Anda melemah, berarti Anda tidak diharuskan menggunakan lensa berlama-lama karena mungkin bisa menyebabkan sakit kepala dan masalah penglihatan.

photo from www.webmd.com

photo from www.webmd.com

Komitmen kami adalah memberikan informasi dan tips seputar kesehatan untuk Anda sekalian. Silahkan sebarluaskan informasi yang ada dalam web ini dengan menyarankannya kepada orang di sekitar Anda untuk membacanya. Dengan menyebarkan informasi kesehatan yang ada di web ini berarti Anda sudah berbagi kebaikan dengan sesama.

Sumber: www.wmnlife.com

Facebook Twitter Google Digg Whatsapp LinkedIn Reddit StumbleUpon Email

Add Your Comment