6 Hal yang Harus Dihindari Kalau Ingin Tidur Nyenyak

| Posted : 08 Sep 2016 | Kecantikan, Tips Sehat No comments
Tempat Tidur

Tempat Tidur pixabay

Kualitas tidur akan mempengaruhi kesehatan seseorang. Fakta ini diperoleh dari sebuah penelitian yang menyebutkan bahwa mereka yang tidur 6,5 jam setiap hari memiliki umur yang lebih panjang jika dibandingkan mereka yang tidur selama 8 jam per hari. Bukan durasi yang penting, namun lebih pada kualitas tidur Anda.

Jika Anda merasa kurang bugar usai bagun pagi, ada kemungkinan Anda bermasalah dengan kualitas tidur yang selama ini dijalani. Penasaran dengan cara mudah menaikkan kualitas tidur tanpa mengeuarkan biaya sepeserpun? Berikut ulasannya!

Hindari Cahaya Sebelum Tidur

Lampu

Lampu pixabay

Selain berkaitan dengan flouresent yang tidak sehat, cahaya juga erat kaitannya dengan pembentukan melatonin. Padahal lima menit terpapar cahaya dapat menekan produksi hormon melatonin hingga lebih dari 50%. Padahal melatonin merupakan hormon yang berperan penting agar Anda dapat tidur dengan nyenyak. Bisa dibayangkan jika jumlah melatonin ini mengalami penurunan bukan?

Hindari Olahraga Dua Jam Sebelum Tidur

Secara umum, berolahraga akan membantu seseorang agar lebih cepat tidur. Lebih lanjut lagi, jika dibandingkan dengan mereka yang tidak olahraga, ternyata berkeringat karena olahraga dapat meningkatkan kualitas tidur seseorang. Namun jika ingin tidur nyenyak, usahakan untuk tidak melakukan olahraga setidaknya dua jam sebelum tidur.

Hindari Menonton Tayangan yang Mengandung Kekerasan

Meski terdengar sepele, namun menonton tayangan yang mengandung kekerasan ternyata dapat mengacaukan pikiran. Dengan demikian menonton tayangan yang demikian ada kemungkinan dapat membuat Anda lebih sulit tidur.

Hindari Konsumsi Kafein Delapan Jam Sebelum Tidur

Kopi

Kopi pixabay

Untuk menghindari susah tidur, hindarilah mengkonsumsi kopi lewat dari jam 14.00 atau 8 jam sebelum tidur. Sebuah penelitian menyebutkan bahwa mengkonsumsi kafein enam jam sebelum tidur tidak hanya mengurangi kuantitas tidur, namun juga dapat mengurangi kualitas tidur seseorang.

Tetap Terjaga di Malam Hari

Meski terdengar sepele namun jika Anda kesulitan tidur dan tetap terjaga di malam hari, maka diam-diam hal ini dapat meningkatkan hormon kortisol dalam tubuh Anda. Peningkatan hormon ini dapat membuat Anda senantiasa terjaga bahkan hingga dini hari nanti. Jika hal ini terjadi, bukan hanya kualitas tidur Anda saja yang menurun, namun juga dapat menurunkan kesehatan dan produktivitas Anda.

Stres

Ilustrasi Stres

Ilustrasi Stres pixabay

Ternyata stres juga dapat membuat seseorang menjadi kesulitan untuk tidur nyenyak. Untuk meminimalisir hal ini Anda dapat melakukan pranayama yoga dan meditasi. Sebuah teknik yang mengandalkan latihan pernafasan. Sudah bisa tidur nyenyak belum?

Baca juga:

Apa Sih yang Akan Terjadi Pada Tubuh Jika Anda Berhenti Merokok Selama 20 Menit Saja?

Tips Agar Penurunan Berat Badan Anda Semakin Terasa Menyenangkan

Mana yang Lebih Menyehatkan ? Mandi dengan Air Panas atau Air Dingin ? Ini Jawabannya !

Komitmen kami adalah memberikan informasi dan tips seputar kesehatan untuk Anda sekalian. Silahkan sebarluaskan informasi yang ada dalam web ini dengan menyarankannya kepada orang di sekitar Anda untuk membacanya. Dengan menyebarkan informasi kesehatan yang ada di web ini berarti Anda sudah berbagi kebaikan dengan sesama.

Sumber: www.womenshealthmag.com

Facebook Twitter Google Digg Whatsapp LinkedIn Reddit StumbleUpon Email

Add Your Comment