5 Masalah yang Dapat Menyerang Kesehatan Kaki Anda!

Ilustrasi Kaki Sehat

Ilustrasi Kaki Sehat pixabay

Kaki ibarat tulang punggung perjalanan seseorang. Karena itulah kesehatan kaki merupakan salah satu hal yang wajib diperhatikan. Mulai dari kebersihan kakinya, kebersihan alas kaki yang digunakan hingga saat memotong kuku kaki sekalipun. Ada beragam masalah yang bisa menyerang kaki Anda. Berikut beberapa diantaranya!

Yang pertama adalah bunions. Sebuah kondisi deformitas yang dapat membuat jempol kaki miring sehingga dapat menyebabkan pembengkakan dan nyeri sendi. Pemakaian sepatu yang sempit dapat memperburuk kecenderungan genetik terhadap kondisi bunions. Karena bunions umumnya bersifat genetik, sepatu berhak tinggi tidak menyebabkan bunions. Meski demikian bagi mereka yang memiliki genetik bunion, penggunaan sepatu berhak tinggi dapat memperburuk keadaan.

Ada lagi yang dikenal dengan sebutan hammertoes, sebuah kondisi dimana jari kaki sangat bengkok. Kondisi ini dapat diperburuk dengan kehadiran bunions serta pemakaian sepatu yang kesempitan. Karena itulah, meski model sepatunya sangat menawan hati, urungkan untuk membeli jika tidak terdapat ukuran yang sesuai dengan kaki Anda.

Selanjutnya ada masalah jamur kaki. Seperti kondisi jamur pada kulit, jamur pada kaki akan menimbulkan sensasi gatal yang tentu saja menyebalkan. Salah satu cara mudah menghindari kondisi ini dapat dilakukan dengan menjaga kebersihan kaki seperti mencuci kaki. Perhatikan pula proses pengeringan di sela-sela jari kaki Anda. Tak jarang hal ini juga dapat menimbulkan masalah lainnya, yaitu bau kaki. Selain itu, bau kaki juga dapat terjadi akibat keringat yang berlebih. Perhatikan pula kebersihan alas kaki dan kaos kaki Anda juga ya!

Kaki juga dapat bermasalah akibat pertumbuhan kuku ke arah dalam. Kondisi ini dapat terjadi karena beberapa hal seperti kesalahan saat memotong kuku ataupunĀ  pemakaian sepatu yang tertalu sempit.Infeksi jamur juga dapat memperparah kondisi kaki akibat masalah pertumbuhan kuku ke arah yang salah ini.

Ilustrasi Kaki Sehat

Ilustrasi Kaki Sehat pixabay

Oiya, penderita diabetes juga perlu melakukan perawatan kaki dengan benar. Seperti yang diketahui bersama, jika terjadi luka ataupun infeksi kaki, para penderita diabetes umumnya memerlukan waktu penyembuhan yang lebih lama. Bagaimana dengan kesehatan kaki Anda?

Baca juga:

Agar Sepatu Baru Nyaman Dipakai

Ternyata Kondisi Sepatu Juga Mempengaruhi Kesehatan Lho!

Beragam Cara Alami Menghilangkan Bau Kaki

Komitmen kami adalah memberikan informasi dan tips seputar kesehatan untuk Anda sekalian. Silahkan sebarluaskan informasi yang ada dalam web ini dengan menyarankannya kepada orang di sekitar Anda untuk membacanya. Dengan menyebarkan informasi kesehatan yang ada di web ini berarti Anda sudah berbagi kebaikan dengan sesama.

Sumber: www.everydayhealth.com

Facebook Twitter Google Digg Whatsapp LinkedIn Reddit StumbleUpon Email

Add Your Comment