3 Makanan Terbaik yang Cocok Dikonsumsi Setelah Olahraga

Telur

Telur pixabay

Bagi para penikmatnya, olahraga merupakan salah satu rutinitas yang menyenangkan untuk dilakukan. Selain menyenangkan dan membakar lemak, tentu hal ini membawa manfaat yang baik untuk tubuh. Usai olahraga, tentu menikmati makanan sehat merupakan salah satu hal menyenangkan yang disukai banyak orang. Terkait hal ini tentu Anda tidak ingin terjebak dengan makanan yang dikenal tidak atau kurang baik dikonsumsi usai olahraga. Tidak mau salah pilih kan? Simak selengkapnya di sini!

Makanan yang pertama adalah telur. Seperti yang telah banyak diketahui, telur merupakan salah satu sumber protein yang lengkap. Selain ramah di kantong, telur juga mengandung asam amino rantai cabang (branched-chain amino acids) yang dikenal sebagai nutrisi yang bersifat faster recovery. Bahkan Leah Mark, seorang ahli gizi menyataakan bahwa “an egg is the gold standard”. Meski trend makanan selalu berubah, namun telur mampu bertahan sebagai salah satu makanan terbaik yang bisa dikonsumsi semua kalangan.

Ini tidak lain karena manfaat telur dapat dibeli dengan harga yang cukup murah. Sebutir mentah umumnya dijual dengan harga Rp 1.000 hingga Rp 3.000 rupiah saja, tergantung jenis telurnya, dari ayam petelur atau kampung. Meski hanya mengandung sekitar 70 kalori saja, namun telur mengandung sembilan asam amino esensial yang dikenal sebagai building blocks of protein. Selain itu telur juga mengandung asam amino rantai cabang yang ditengarai mampu mengurangi kerusakan otot dalam tubuh. Lebih dalam lagi, kuning telur mengandung vitamin D dan asam omega 3.

Makanan kedua yang pantas dimasukkan dalam daftar makanan yang pantas dicoba usai olahraga adalah alpukat. Lemak tunggal tak jenuh dalam dalam daging alpukat bermanfaat untuk perbaikan otot, sedangkan vitamin B-nya dapat melejitkan metabolisme Anda usai olahraga. Meski lemak sering diidentikkan dengan nutisi jahat, namun lemak baik tetap diperlukan oleh tubuh, utamanya untuk memperbaiki otot dan sendi. Lemak sehat juga sangat penting dalam penyerapan vitamin A dan E. See?

Ubi Jalar

Ubi Jalar pixabay

Makanan selanjutnya adalah ubi jalar. Sumber makanan yang kaya akan nutrisi baik dari karbohidrat. Setelah olahraga tentu tubuh akan merasa lapar. Meski nanti ujungnya memang akan makan juga, namun tentu Anda tidak menginginkan kalori yang sudah dibakar cepat tergantikan melalui makanan berlemak bukan? Meski terkesan terlalu sederhana atau bahkan biasa, namun sebuah ubi jalar merupakan salah satu superfood yang mengandung vitamin dan 26 gram karbohidrat yang mampu mengembalikan energi terbuang Anda. Makanan yang mengenyangkan namun tetap mengandung karbohidrat dengan jumlah yang terkontrol.

Baca juga:

Manfaat Mendengarkan Musik saat Berolahraga

Cara Benar Mencuci Pakaian Olahraga

Cara Benar Mencuci Wajah Setelah Berolahraga

Komitmen kami adalah memberikan informasi dan tips seputar kesehatan untuk Anda sekalian. Silahkan sebarluaskan informasi yang ada dalam web ini dengan menyarankannya kepada orang di sekitar Anda untuk membacanya. Dengan menyebarkan informasi kesehatan yang ada di web ini berarti Anda sudah berbagi kebaikan dengan sesama.

Sumber: www.details.com

Facebook Twitter Google Digg Whatsapp LinkedIn Reddit StumbleUpon Email

Add Your Comment