Yang Terjadi pada Otak Ketika Sedang Orgasme

| Posted : 29 Aug 2015 | Sex Sehat No comments
Otak

Otak fastcompany

Orgasme merupakan salah satu hal yang didambakan pasangan setiap kali melakukan hubungan seks. Seperti yang diketahui bersama, Orgasme adalah puncak kenikmatan saat melakukan hubungan seksual. Sayangnya orgasme tidak pasti didapatkan setiap kali berhubungan. Penasaran dengan apa yang terjadi di otak seseorang saat sedang mengalami orgasme? Simak di sini ya!

Seperti halnya organ lain di tubuh, organ genitalia juga memiliki beragam syaraf yang mengirimkan informasi ke otak untuk memberitahukan adanya sensasi yang sedang dialami. Begitu pula saat terjadi sentuhan di bagian intim ini. Karena hal inilah sensasi orgasme tidaklah sama, tergantung dari organ mana yang disentuh dan syaraf apa saja yang terlibat.

Perlu diketahui bahwasanya setiap kemaluan umumnya memiliki ujung syaraf besar. Syaraf yang berada di sini akan menuju ke susmsum tulang belakang yang akhirnya akan bermuara ke otak. Di daerah kemaluan sendiri terdapat beberapa syaraf yang berhubungan dengan rangsangan. Beberapa diantaranya adalah syaraf hipogastrikus, panggul, pudenda dan vagus. Pada wanita, keempat syaraf ini berfungsi mentransmisikan rangsangan dari leher rahim, vagina, klitoris lalu ke leher rahim, rahim dan ovarium. Sedangkan pada pria terjadi dari prostat, rektu dan skrotum.

Para peneliti The University of Groningen menggunakan PET scan untuk mengamati berbagai daerah di otak yang akan aktif dan menurun atau ”mati” selama aktivitas seksual. Ternyata tidak ditemukan perbedaan antara laki-laki dan perempuan. Baik pada pria dan wanita, aktivitas korteks lateral orbitofrontal, daerah otak di belakang mata kiri akan ”mati” selama orgasme. Karena area ini merupakan daerah akal dan kontrol perilaku, maka ketika orgasme seseorang akan kehilangan kontrol. Selain itu, aktivitas orang yang sedang orgasme meyerupai aktivitas orang yang menggunakan heroin.

Otak

Otak newyou

Meski demikian ada perbedaan yang terjadi antara aktivitas otak wanita dan pria selama orgasme. Ketika seorang perempuan berhubungan seksual, bagian dari batang otak yang disebut dengan periaqueductal gray (PAG) akan diaktifkan. Aktivitas ini berfungsi untuk mengendalikan respons kesenangan atau melawan. Selain itu otak perempuan juga menunjukkan penurunan aktivitas di amigdala dan hipokampus, yang berhubungan dengan rasa takut dan kecemasan. Sementara itu seseorang juga dapat merasakan orgasme yang bukan berasal dari rangsangan kemaluan. Sentuhan di puting susu misalnya.

Baca juga:

Setelah Melahirkan, Kapan Boleh Berhubungan Seksual Lagi?

Dampak Negatif terlalu Sering Berhubungan Seksual

Jumlah Normal Air Mani Pria Setelah Melakukan Aktivitas Seksual

Komitmen kami adalah memberikan informasi dan tips seputar kesehatan untuk Anda sekalian. Silahkan sebarluaskan informasi yang ada dalam web ini dengan menyarankannya kepada orang di sekitar Anda untuk membacanya. Dengan menyebarkan informasi kesehatan yang ada di web ini berarti Anda sudah berbagi kebaikan dengan sesama.

Sumber: klikdokter.com

Facebook Twitter Google Digg Whatsapp LinkedIn Reddit StumbleUpon Email

Add Your Comment