Setelah Melahirkan, Kapan Boleh Berhubungan Seksual Lagi?

| Posted : 29 May 2015 | Sex Sehat No comments
Sex Paska Melahirkan

Sex Paska Melahirkan newmumtips.com.au

Setelah melahirkan tentu menjadi hal yang normal bagi wanita untuk menghentikan sejenak kehidupan seksual mereka. Selain menunggu habisnya masa nifas, tentu organ kewanitaan wanita perlu rehat sejenak dari aktivitas seksual. Apalagi jika proses kelahiran berjalan secara normal. Tentu vagina akan mengelami beberapa hal seperti ditarik, didorong atau bahkan disobek dan dijahit kembali.

Karena hal inilah kebanyakan dokter di Amerika Serikat menyarankan ibu yang baru melahirkan untuk melalukan masa tunggu selama 6 minggu. Dalam “masa liburan” ini tentu Anda dapat memfokuskan diri pada banyak hal lain selain kehidupan seksual. Mengurus anak, menyediakan asupan gizi yang cukup demi pemenuhan nutrisi pada anak hingga menjalankan aktivitas pumping air susu ibu (ASI) ataupun perawatan setelah melahirkan. Tentu saja tidak semua orang menunggu selama itu. Ada pula yang mungkin tergoda untuk melakukannya sebelum masa liburan yang disarankan dokter telah berakhir.

Ada sebuah penelitian menarik yang dilakukan oleh para ilmuwan dari Brazil’s University of Sao Paulo. Dalam penelitian bertemakan kehidupan seksual pasca melahirkan ini melibatkan lebih dari 800 responden yang kesemuanya merupakan ibu yang baru saja melahirkan. Menurut hasil yang dipublikasikan dalam Journal of Sexual Medicine ini menyatakan bahwa rata-rata wanita memiliki masa tunggu lebih lama dari yang direkomendasikan, yaitu sekitar 2 bulan.

Sex Paska Melahirkan

Sex Paska Melahirkan cool-health

Lebih lanjut lagi, ada sekitar 17% pasangan yang kembali aktif melakukan hubungan seksual setelah 6 minggu pasca melahirkan. Sedangkan 62% melakukannya lagi pada minggu ke-6. Sementara itu 22% wanita bahkan menunggu lebih dari tiga bulan lamanya. Sayangnya ada beberapa penemuan lain yang menyatakan sekitar 21% wanita menyatakan kehidupan seksual mereka menurun pasca melahirkan. Sementara itu ada pula yang menyatakan bahwa 87% wanita bergairah untuk kembali melakukan hubungan seksual pasca melahirkan.

Meski terdapat fakta penelitian yang beragam, tentu membandingkan kapan memulai kehidupan seksual kita dengan pasangan lainnya tidaklah menjadi hal yang terlalu penting. Bagaimanapun menjadi ibu dan kehidupan seksual paska melahirkan merupakan salah satu hal yang saling melengkapi. Intinya jika Anda dan pasangan telah siap, maka sex live dapat kembali dimulai. Bagaimana dengan Anda?

Baca juga:

Masalah Vagina dan Solusinya

Resiko Melakukan Anal Sex

Benarkah Tidur Telanjang itu Lebih Sehat?

Komitmen kami adalah memberikan informasi dan tips seputar kesehatan untuk Anda sekalian. Silahkan sebarluaskan informasi yang ada dalam web ini dengan menyarankannya kepada orang di sekitar Anda untuk membacanya. Dengan menyebarkan informasi kesehatan yang ada di web ini berarti Anda sudah berbagi kebaikan dengan sesama.

Sumber: www.womenshealthmag.com

Facebook Twitter Google Digg Whatsapp LinkedIn Reddit StumbleUpon Email

Add Your Comment