Masalah – Masalah Seksual yang Mengintai Penderita Diabetes

Sex

Sex pixabay

Diabetes merupakan sebuah penyakit yang dapat menyebabkan komplikasi penyakit lain. Salah satunya adalah problematika seksualita. Ada beberapa masalah yang dialami seorang penderita diabetes. Masalah ini bisa terjadi pada pria maupun wanita. Berikut informasi selengkapnya!

Pada pria, diabetes dapat meningkatkan resiko yang berkaitan dengan komplikasi pada syaraf dan pembuluh darah kecil. Salah satu gangguan yang kerap muncul adalahh disfungsi erektil. Sebuah kondisi dimana pria tidak dapat memunculkan atau mempertahankan kemampuan ereksi untuk melakukan penetrasi saat berhubungan intim. Tentu hal kondisi ini sangat mengganggu baik pada diri si pria ataupun pasangannya.

Terkait hal ini, terdapat sekitar 20 hingga 75% penderita diabetes yang mengalami disfungsi erektil. Selain kasus disfungsi erektil, pria dengan diabetes juga beresiko mengalami retrogade ejaculation. Sebuah kondisi dimana sebagian atau malah semua cairan semen priatidak keluar dari ujung sperma, namun malah kembali masuk ke dalam kemih. Meski bukan merupakan hal yang berbahayam namun kondisi ini dapat memunculkan masalah ketidaksuburan bagi pasangan.

Ternyata masalah seksualita tidak hanya terjadi pada pria dengan diabetes saja. Wanita dengan diabetes pun juga dapat mengalami masalah seksualita. Salah satunya adalah kesulitan orgasme dan kurangnya lubrikasi saat sedang melakukan aktivitas seksual. Selain itu dorongan seksual atau libido yang menurun, wanita dengan diabetes beresiko mengalami masalah infeksi jamur dan infeksi saluran kandung kemih.

Hal tersebut dapat terjadi karena lingkungan vagina yang lembab dan hangat, ditambah dengan pengontrolan gula darah yang kurang baik. Kedua kondisi tersebut dapat menciptakan kondisi ideal untuk pertumbuhan mikroorganisme yang tidak diinginkan. Meski terkesan sepele, kondisi infeksi yang bersifat berulang dapat menyebabkan dinding vagina yang lebih rapuh.

Sex

Sex healthmeup

Berbeda halnya dengan masalah lubrikasi. Masalah lubrikasi pada wanita dapat menyebabkan hubungan seksual menjadi tidak nyaman atau bahkan menyakitkan. Karena itulah jika pasangan Anda menderita diabetes, Anda perlu melakukan pola komunikasi yang baik dengan pasangan. Bagaimanapun juga aktivitas seksual harus dapat dinikmati kedua belah pihak.

Baca juga:

Meningkatkan Gairah Seks Melalui Feng Shui

Tips Meningkatkan Gairah Seks Wanita Tanpa Viagra

Setelah Melahirkan, Kapan Boleh Berhubungan Seksual Lagi?

Komitmen kami adalah memberikan informasi dan tips seputar kesehatan untuk Anda sekalian. Silahkan sebarluaskan informasi yang ada dalam web ini dengan menyarankannya kepada orang di sekitar Anda untuk membacanya. Dengan menyebarkan informasi kesehatan yang ada di web ini berarti Anda sudah berbagi kebaikan dengan sesama.

Sumber: www.tanyadok.com

Facebook Twitter Google Digg Whatsapp LinkedIn Reddit StumbleUpon Email

Add Your Comment