Dampak Buruk Penggunaan Wewangian Bagi Kesehatan Vagina Anda!

| Posted : 23 Jul 2016 | Sex Sehat No comments
Ilustrasi Vagina

Ilustrasi Vagina thelmathinks

Bagi sebagian wanita, menggunakan wewangian menjadi salah satu pilihan untuk menghilangkan bau tidak sedap yang kerap muncul di area organ intim. Selain harga produk yang cukup terjangkau, kini berbagai produk pewangi organ intim sangat mudah ditemukan di pasaran. Sekali beli saja, produk wewangian tersebut dapat digunakan hingga sebulan atau lebih.

Meski demikian, ternyata aktivitas ini dapat memicu berbagai masalah kesehatan, seperti memicu infeksi jamur ataupun berbagai penyakit lain. Roshini Rajapaksa, MD, seorang assistant professor of medicine di NYU School of Medicine pun mengatakan hal serupa. Bahwasanya wanita hanya perlu membersihkan area organ intim dengan air bersih saja. hal ini diungkapkan Rajapaksa bukan tanpa alasan. Pasalnya penggunaan produk yang salah dapat menyebabkan pertumbuhan bakteri pada organ kewanitaan.

Meski dapat membuat wanita merasa lebih segar, ternyata produk wewangian untuk vagina dapat mengubah pH organ intim wanita. Hal ini dapat berpengaruh buruk pada kebersihan dan kesehatan organ intim Anda. Selain dapat meningkatkan infeksi jamur, terjadinya perubahan pH pada vagina dapat pula meningkatkan kemunculan bakteri vaginosis ataupun penyakit radang panggul.

Selain produk wewangian, menggunakan bedak di area vagina juga tidak dibenarkan. Selain membuat aroma yang lebih wangi, penggunaan bedak kerap digunakan untuk mengurangi kelembapan di area kewanitaan. Sayangnya, dalam studi tertentu menunjukkan bahwa penggunaan bedak pada alat kelamin dapat meningkatkan resiko terkena kanker ovarium. Karena itulah selain tidak diperlukan, penggunaan bedak di area vital ini tidak disarankan.

Ilustrasi Vagina

Ilustrasi Vagina healthtap

Jadi untuk menjaga kebersihan vagina Anda, cukup cuci bagian luar atau vulva dengan air bersih. Selanjutnya pastikan vagina kering sebelum mengenakan pakaian dalam. Memastikan kondisi kering pada vagina penting untuk menghindari kelembapan yang dapat terjadi setelah mengenakan pakaian. Bagaimanapun juga kelembapan organ vital yang berlebih dapat memperburuk perkembangbiakan bakteri.

Baca juga:

Ingin Parfum Kesayangan Tetap Awet? Ini Triknya!

Hati-Hati Ladies, Ternyata Wanita yang Sering Migrain Beresiko Terkena Penyakit Jantung!

Hati-Hati Ya, Penyakit Ini Bisa Menular Melalui Air Liur!

Komitmen kami adalah memberikan informasi dan tips seputar kesehatan untuk Anda sekalian. Silahkan sebarluaskan informasi yang ada dalam web ini dengan menyarankannya kepada orang di sekitar Anda untuk membacanya. Dengan menyebarkan informasi kesehatan yang ada di web ini berarti Anda sudah berbagi kebaikan dengan sesama.

Sumber: health.liputan6.com

Facebook Twitter Google Digg Whatsapp LinkedIn Reddit StumbleUpon Email

Add Your Comment