Waspada! Virus Zika Sudah Masuk ke Indonesia!

Digigit Nyamuk

Digigit Nyamuk pixabay

Virus zika merupakan jenis virus yang dibawa oleh nyamuk Aedes aegypti, Aedes albopictus ataupun nyamuk macan Asia yang dicirikan dengan ciri garis putih. Infeksi virus zika menjadi perhatian dunia karena ditengarai dapat menyebabkan microchepaly pada bayi.

Microchepaly merupakan sebuah kondisi dimana bayi terlahir abnormal dengan kepala berukuran lebih kecil dari ukuran normal.  Tahun ini, berita tentang virus zika kembali menyeruak. Pasalnya virus yang dulunya ditemukan di Brazil ini lambat laun ditemukan di kawasan Asia, tidak terkecuali dengan Indonesia. Hal ini dibenarkan oleh Menteri Kesehatan Indonesia, Nila F. Moeloek.

Berdasarkan laporan yang diterima, ada seseorang di Jambi yang terjangkit virus ini. Hal ini diperoleh dari hasil pemeriksaan yang semula dilakukan untuk penelitian demam berdarah. Saat diperiksa lebih lanjut, ternyata yang bersangkutan dinyatakan terinveksi virus zika. Meski demikian, Nila belum mengetahui berapa banyak warga yang sudah terjangkit virus ini.

Selain di Indonesia, diketahui infeksi ini juga telah merambah ke negara tetangga, Singapura. Tercatat ada 41 orang yang terjangikit virus zika di Singapura. Infeksi ini pertama kali diketahui berasal dari seorang pria berusia 48 tahuh yang baru saja pulang dari Brazil. Hal ini pulalah yang membuat Indonesia harus waspada akan potensi  virus zika baik yang datang dari negara tetangga ataupun yang datang dari orang yang baru saja pulang bepergian dari Brazil.

Sebagai salah satu antisipasi, sejumlah petugas kantor kesehatan pelabuhan dan bandar udara dikerahkan untuk melakukan screening terhadap berbagai pihak yang sedang menderita demam. Pasalnya selain berbahaya bagi ibu hamil maupun janin yang sedang dikandung, infeksi virus zika juga dapat membahayakan orang dewasa.

Digigit Nyamuk

Digigit Nyamuk pixabay

Sebuah penelitian terbaru menemukan bahwa infeksi zika pada orang dewasa ternyata dapat memiliki dampak yang membahayakan yang memiliki gejala yang mirip dengan gejala yang dialami penderita Alzheimer. Duh!

Baca juga:

Apa Sih yang Akan Terjadi Pada Tubuh Jika Anda Berhenti Merokok Selama 20 Menit Saja?

Tips Agar Penurunan Berat Badan Anda Semakin Terasa Menyenangkan

Mana yang Lebih Menyehatkan ? Mandi dengan Air Panas atau Air Dingin ? Ini Jawabannya !

Komitmen kami adalah memberikan informasi dan tips seputar kesehatan untuk Anda sekalian. Silahkan sebarluaskan informasi yang ada dalam web ini dengan menyarankannya kepada orang di sekitar Anda untuk membacanya. Dengan menyebarkan informasi kesehatan yang ada di web ini berarti Anda sudah berbagi kebaikan dengan sesama.

Sumber: nasional.tempo.co ,health.liputan6.com

Facebook Twitter Google Digg Whatsapp LinkedIn Reddit StumbleUpon Email

Add Your Comment