Tulang Mudah Patah? Mungkin Ini Penyebabnya!

Blue Sklera

Blue Sklera bellabonezblog.blogspot.com

Kesehatan tulang merupakan salah satu hal vital yang mempengaruhi kesehatan seseorang. Sayangnya ada sebuah penyakit langka yang dapat menyebabkan tulang seseorang menjadi mudah patah. Osteogenesis Imperfecta namanya. Berikut informasi selengkapnya!

Osteogenesis Imperfecta (OI) merupakan sebuah penyakit genetik langka yang membuat tulang rapuh dan mudah patah. OI merupakan penyakit langka dengan angka kejadian 1 banding 20.000 kelahiran. Orang yang terlahir dengan OI akan menjadi penyandang OI seumur hidupnya.

Penyakit OI tidak memiliki kecenderungan dengan jenis kelamin. Usia penderita pun bervariasi. Ada yang terkena ketika sekolah, balita atau bahkan sejak berada dalam kandungan. Gejala OI yang terjadi pun beraneka ragam. Namun salah satu gejala yang paling umum adalah mudahnya terkena patah tulang, bahkan saat terkena benturan ringan.

Gejala lain yang kerap ditemukan pada penderita OI adalah warna sklera atau bagian putih pada mata yang tampak kebiruan. Karena itulah jika seorang anak mengalami OI besar kemungkinan ia akan mengalami patah tulang terutama saat belajar merangkak ataupun belajar berjalan.

Karena itulah penderita OI harus mendapatkan pengawasan lebih oleh anggota eluarga terdekat. Karena benturan ringan saja dapat menyebabkan terjadinya patah tulang. Terkait hal ini, kini di beberapa rumah sakit pemerintah memiliki obat bernama Zoledronat. Meski tidak bersifat menyembuhkan, namun dapat menguatkan tulang yang rapuh.

Osteogenesis Imperfecta

Osteogenesis Imperfecta www.scpicharity.org

Di Indonesia sendiri kini telah dibentuk support group bernama FOSTEO atau Forum Osteogenesis Imperfecta. Kelompok yang didirikan ahun 2012 yang lalu ini merupakan wadah bagi penderita OI dan keluarganya untuk saling berbagi cerita, tips ataupun dukungan.

Baca juga:

Gejala Kanker Tulang Belakang yang Jangan Dianggap Remeh!

Manfaat Kaldu Tulang Bagi Kesehatan

Sering Merasa Kesemutan di Tangan dan Kaki ? Ini Penyebabnya !

Komitmen kami adalah memberikan informasi dan tips seputar kesehatan untuk Anda sekalian. Silahkan sebarluaskan informasi yang ada dalam web ini dengan menyarankannya kepada orang di sekitar Anda untuk membacanya. Dengan menyebarkan informasi kesehatan yang ada di web ini berarti Anda sudah berbagi kebaikan dengan sesama.

Sumber: www.idai.or.id

Facebook Twitter Google Digg Whatsapp LinkedIn Reddit StumbleUpon Email

Add Your Comment