Ternyata Obesitas Dapat Memicu Terjadinya Radang Sendi Lho!

| Posted : 10 Sep 2015 | Obat dan Penyakit No comments
Kegemukan

Kegemukan abdn.ac.uk

Obesitas merupakan kondisi tubuh dimana sel lemak mengalami peningkatan sel lemak baik dari ukuran maupun jumlah. Menurut WHO, definisi obesitas erat kaitannya dengan body mass index (BMI).  Body mass index merupakan teknik pengukuran yang membandingkan berat badan dengan tinggi badan seseorang. Berdasarkan ketetapan WHO, orang yang menderita obesitas merupakan orang yang memiliki BMI di atas ≥30 atau ≥25 (WPRO).

Ada beberapa penyakit yang kerap disandingkan dengan kondisi obesitas seperti diabetes, kanker hingga penyakit jantung dan pembuluh darah. Ternyata tak hanya itu saja, resiko obesitas juga dikaitkan dnegan peningkatan resiko terjadinya penyakit radang sendi. Hiii!

Seperti yang kita ketahui bersama, sendi kita ada yang bekerja menopang berat badan seperti lutut dan pinggul. Sendi di bagian ini akan merasakan tekanan tiga kali lebih besar ketika seseorang sedang beraktivitas. Mudahnya jika kita memiliki kelebihan berat badan sebesar empat kg saja maka ketika beraktivitas lutut akan merasakan beban ekstra sebesar 12 kg.

Salah satu tipe radang sendi yang kerap ditemukan adalah osteoartritis. Pada kondisi osteoartritis terjadil kerusakan struktur rawan bantalan sendi yang berfungsi melindungi tulang dari gesekan antar tulang. Ada beberapa faktor yang dapat memicu terjadinya radang osteoartritis seperti usia lanjut, riwayat cidera dan tentunya gaya hidup. Terkait berat badan, semakin berat seseorang maka secara otomatis akan meningkatkan pula tekanan yang akan diterima oleh persendian. Hal ini tentu dapat memperbesar resiko terjadinya kerusakan pada sendi.

Kegemukan

Kegemukan mcsaurus.deviantart

Selain itu perlu diketahui bahwa pada individu dengan berat berlebih, sel lemak tersebut juga dapat memicu timbulnya reumatoid arthritis. Sebuah penyakit autoimun yang menyebabkan peradangan pada lapisan sendi. Tak hanya itu, obesitas juga dapat berkaitan dnegan Gouty Arthritis (Gout). Penyakit ini merupakan penyakit yang disebabkan oleh tumpukan asam ataupun kristal urat pada jaringan, terutama pada jaringan sendi. Jika dibandingkan dengan individu normal, penderita obesitas memiliki resiko mengalami gout 11 tahun lebih cepat. Pada penderita obesitas, ginjal tidak dapat bekerja secara maksimal sehingga pengeluaran asam urat di ginjal terhambat.

Baca juga:

Amankah Kebiasaan Menggeretakkan Jemari?

Mengenal Pemeriksaan dan Pengobatan Rheumatoid Arthritis

Mengenal Beragam Jenis Susu

Komitmen kami adalah memberikan informasi dan tips seputar kesehatan untuk Anda sekalian. Silahkan sebarluaskan informasi yang ada dalam web ini dengan menyarankannya kepada orang di sekitar Anda untuk membacanya. Dengan menyebarkan informasi kesehatan yang ada di web ini berarti Anda sudah berbagi kebaikan dengan sesama.

Sumber: www.klikdokter.com, dokita.co, dr-suparyanto.blogspot.co.id

Facebook Twitter Google Digg Whatsapp LinkedIn Reddit StumbleUpon Email

Add Your Comment