Teh Hijau dan Cuka Sari Apel, Toner Alami untuk Jerawat

| Posted : 11 Dec 2013 | Kecantikan, Obat dan Penyakit 1 Comment

22 problem-of-acneBerbagai kosmetik dan obat anti jerawat memang mudah mudah dijumpai. Tetapi Anda harus cermat saat memilihnya. Produk- produk perawatan anti jerawat belum tentu membuat kulit wajah Anda bersih dan bersinar. Bahan kimia yang terkandung di dalamnya justru dapat menjadi boomerang yang merusak kulit wajah.

Toner anti jerawat yang beredar di pasaran umumnya terbuat dari bahan yang dapat menyebabkam iritasi kulit seperti propylene glycol, exfoliating acids keras, alkohol, mineral oil, glycerin, pewarna, serta penambah aroma. Meski demikian, ada juga kosmetik anti jerawat yang bebas bahan berbahaya. Tetapi Anda harus siap merogoh dompet lebih dalam untuk mendapatkannya.

22 mengatasi jerawat dengan tehAgar terhindar dari bahan berbahaya serta resiko dompet terkuras, mengapa tidak mencoba membuat toner anti jerawat sendiri? Selain lebih murah, bahan yang digunakan juga terbukti lebih aman. Anda cukup mempersiapkan bubuk teh hijau dan cuka sari apel (apple cider vinegar atau ACV). Teh hijau dikenal kaya antioksidan dan bersifat anti-inflamasi sehingga dapat memperbaiki kerusakan kulit dan mengurangi kemerahan. Antioksidan dalam teh juga membantu melawan proses penuaan. Jadi, dengan menambahkan teh hijau dalam toner wajah, Anda mendapatkan manfaat anti jerawat sekaligus anti-aging.

Sedangkan cuka sari apel dipilih karena dapat mengembalikan keseimbangan pH alami kulit. pH kulit wajah membentuk acid mantle yang merupakan perisai alami untuk menghalangi perkembangan bakteri patogen penyebab jerawat. Acid mantle sangat mudah hilang oleh penggunaan deterjen dalam produk pembersih wajah atau antiseptik yang biasa digunakan para wanita. Kehilangan mantel asam akan memicu berbagai masalah kulit wajah termasuk jerawat.

Bagaimana membuat toner wajah dari teh hijau dan cuka sari apel?

22 obat herbal jerawatAnda tinggal mempersiapkan teh hijau yang pekat sebanyak ¾ cangkir. Sedangkan untuk cuka sari apel cukup ¼ cangkir saja. Campurkan kedua bahan tersebut dan masukan dalam gelas atau botol spray. Selanjutnya, Anda tinggal menggunakan kapas dan aplikasikan toner buatan sendiri itu seperti biasa untuk membersihkan wajah. Karena terbuat dari bahan alami, Anda dapat menggunakan toner teh hijau – cuka sari apel sesering yang Anda suka. Usai menggunakan, simpan toner dalam lemari es. Cara tersebut dapat membuatnya bertahan selama dua pekan.

Kombinasi toner teh hijau –cuka sari apel juga dapat dikombinasikan dengan beberapa bahan lain. Tambahan minyak esensial jeruk bermanfaat untuk mengurangi minyak dan merangsang produksi kolagen. Dengan menambahkan minyak esensial lavender, Anda akan mendapatkan toner beraroma terapi sekaligus antimikroba dan anti-inflamasi. Anda juga dapat menambahkan sari jeruk untuk kulit lebih cerah dan bebas kemerahan. Selain itu, dapat juga ditambahkan sari lidah buaya yang berkhasiat menyembuhkan, menenangkan, sekaligus anti-inflamasi.

Bagaimana? tertarik mencoba toner buatan sendiri?

Baca juga :

Manfaat Kesehatan Setelah Minum Teh

Madu, Manis dan Kaya Manfaat

Manfaat Coklat bagi Kesehatan  

Komitmen kami adalah memberikan informasi dan tips seputar kesehatan untuk Anda sekalian. Silahkan sebarluaskan informasi yang ada dalam web ini dengan menyarankannya kepada orang di sekitar Anda untuk membacanya. Dengan menyebarkan informasi kesehatan yang ada di web ini berarti Anda sudah berbagi kebaikan dengan sesama.

Sumber :

dailyhealthpost.com

Facebook Twitter Google Digg Whatsapp LinkedIn Reddit StumbleUpon Email
Comments
  1. Posted by Ria

Add Your Comment