Tanda-Tanda Serangan Jantung Ini Tidak Boleh Diabaikan Ya!

| Posted : 11 Aug 2016 | Obat dan Penyakit No comments
Ilustrasi Jantung

Ilustrasi Jantung www.huffingtonpost.co.uk

Hari Minggu yang lalu masyarakat Indonesia dikagetkan dengan berita meninggalnya Mike Mohede yang disinyalir meninggal akibat serangan jantung. Penyanyi jebolan salah satu ajang pencarian bakat ternama di Indonesia ini meninggal dunia saat sedang tertidur. Saat ditemukan, wajah Mike telah membiru. Dan saat dibawa di rumah sakit, ia sudah tidak tertolong lagi.

Berita meninggalnya Mike sontak mengagetkan banyak orang, tidak terkecuali dengan keluarga, sahabat atau bahkan fans Mike.  Padahal malam sebelumnya, Sabtu, 30 Juli 2016 Mike sempat menjadi salah satu penyanyi yang memeriahkan acara syukuran 40 tahun Pernikahan Susilo Bambang Yudhoyono dan Ani Yudhoyono.

Tercatat ada beberapa faktor resiko yang dapat membuat seseorang rentan terkena serangan jantung, mulai dari pola makan yang buruk, kurangnya waktu istirahat hingga kurangnya olahraga yang dijalani oleh seseorang. Apalagi serangan jantung merupakan penyakit lintas usia dan gender sehingga bisa menyerang siapa saja, kapan saja dan dimana saja.

Belajar dari kasus serangan jantung yang seringkali terjadi, apa saja gejala serangan jantung yang harus diwaspadai? Menurut Dr Anil Bansal, seorang ahli jantung Rumah Sakit Columbia Asia menyebutkan jika Anda mulai merasa berat di dada, sesak napas, sakit perut tak tertahankan di bagian atas atau nyeri di lengan kiri, rahang dan leher, maka Anda harus segera ke rumah sakit terdekat untuk mendapatkan tindakan dengan elektrokardiagran (EKG) hingga selesai.

Ilustrasi Sakit Jantung

Ilustrasi Sakit Jantung dementiaresearchfoundation.org.au

EKG merupakan suatu metode untuk mempelajari kerja otot jantung sehingga dapat membantu diagnosis abnormalitas jantung dan kecenderungan atau perubahan fungsi jantung. Prinsip kereja EKG dilakukan dengan  merekam signal elektrik yang berkaitan dengan aktivitas jantung dan menghasilkan grafik rekaman tegangan listrik terhadap waktu.

Selain itu, serangan jantung juga ditandai dengan rasa mual, keringat dingin dan pusing. Seseorang juga harus waspada jika mengalami tenakan yang kuat pada bagian dada. Tanda serangan jantung paling umum pada wanita adalah sesak nafas, nyeri punggung serta rahang, sedangkan pada laki-laki adalah nyeri dada.

Keep healthy!

Baca juga:

Hati-Hati Ladies, Ternyata Wanita yang Sering Migrain Beresiko Terkena Penyakit Jantung!

Hati-Hati, Jantung Sering Berdebar Bisa Menyebabkan Stroke!

Tips Berolahraga yang Baik untuk Jantung

Komitmen kami adalah memberikan informasi dan tips seputar kesehatan untuk Anda sekalian. Silahkan sebarluaskan informasi yang ada dalam web ini dengan menyarankannya kepada orang di sekitar Anda untuk membacanya. Dengan menyebarkan informasi kesehatan yang ada di web ini berarti Anda sudah berbagi kebaikan dengan sesama.

Sumber: makassar.tribunnews.com,  lifestyle.okezone.com, www.prodia.co.id

Facebook Twitter Google Digg Whatsapp LinkedIn Reddit StumbleUpon Email

Add Your Comment