Tanda Seseorang Mengalami Kekurangan Vitamin D

| Posted : 31 Mar 2016 | Obat dan Penyakit No comments
Vitamin D

Vitamin D pixabay

Vitamin D merupakan salah satu vitamin yang penting untuk kesehatan tubuh. Pasalnya vitamin D merupakan vitamin berperan dalam penyerapan kalsium dari makanan yang diperlukan untuk menjaga kesehatan tulang. Meski terdapat pada beragam makanan seperti ikan, minyak hati ikan, kuning telur, dan juga biji-bijian, namun Harvard School of Public Health menemukan bahwa sekitar 1 miliar orang diseluruh dunia mengalami kekurangan vitamin D.

Padahal Michael Holick, MD, professor of medicine di Boston University Medical Centerkekurangan vitamin D dapat meningkatkan risiko tekanan darah tinggi dan diabetes oleh dua setengah kali lipat! Menariknya, ada kemungkinan bahwa seseorang tidak menyadai bahwa sebenarnya ia kekurangan asupan vitamin D. Berikut beberapa tanda-tanda kekurangan vitamin D yang perlu Anda ketahui!

Keringat Berlebih

Mungkin ada sebagian masyarakat yang masih kebingungan mendeteksi gejala kekurangan vitamin D. Ternyata keringat berlebih merupakan salah satu tanda kekurangan vitamin penting yang satu ini. Menariknya, gejala tersebut berlaku baik bagi bayi ataupun orang dewasa.

Terlihat Lemah

Kekurangan vitamin D dapat membuat seseorang merasa terlalu lelah. Menurut hasil peneliti dari Harvard menyebutkan bahwa kondisi tersebut erat kaitannya dengan fungsi suplemen vitamin D pada peningkatan kontrol otot. Semakin kurang konsumsi vitamin D maka akan semakin turun pula proses pengontrolan otot tersebut. Hal serupa juga dinyatakan oleh Western Journal of Medicine study yang menyebutkan hal senada, yaitu fungsi vitamin D pada kontrol otot.

Kondisi Tulang

Kondisi tulang seseorang dapat menjadi tolak pemenuhan kebutuhan seseorang akan vitamin D. Terkait dengan kesehatan tulang perlu diketahui bahwasanya seseorang berhenti membangun massa tulang pada usia sekitar 30 tahun. Dengan fakta tersebut, kekuramngan vitamin D dapat mempercepat atau bahkan memperburuk gejala osteoporosis. Terkait hal ini, Holick menyebutkan bahwa dalam pemenuhan  kebutuhan  seseorang akan konsumsi vitamin D, ia memerlukan sinar matahari, makanan dan juga suplemen. Untuk memeriksa kondisi tulang Anda, Anda dapat melakukan check up di rumah sakit.

Nyeri Kronis

Nyeri tulang atau yang dikenal dengan sebutan osteomalacia ternyata dapat menjadi tanda seseorang mengalami defisiensi vitamin D. Terkait dengan fungsinya untuk otot, selain dapat mencegah timbulnya nyeri usai melakukan latihan, ternyata vitamin D juga berperan dalam meningkatkan kecepatan pemulihan otot saat masa recovery.

Bad Mood

Badmood

Badmood pixabay

Menariknya lagi, vitamin D juga dikaitkan dengan pelepasan serotonin, hormon yang mempengaruhi suasana hati. Bisa jadi penyebab seseorang menjadi badmood tidak lain karena kekurangan vitamin D. Nah!

Baca juga:

Mengenal Osteoarthritis, Rasa Nyeri Pada Sendi

Makanan Sehat untuk Penderita Radang Sendi

Amankah Kebiasaan Menggeretakkan Jemari?

Komitmen kami adalah memberikan informasi dan tips seputar kesehatan untuk Anda sekalian. Silahkan sebarluaskan informasi yang ada dalam web ini dengan menyarankannya kepada orang di sekitar Anda untuk membacanya. Dengan menyebarkan informasi kesehatan yang ada di web ini berarti Anda sudah berbagi kebaikan dengan sesama.

Sumber: www.prevention.com dan meetdoctor.com

Facebook Twitter Google Digg Whatsapp LinkedIn Reddit StumbleUpon Email

Add Your Comment