Serba-serbi Kutu Rambut Kemaluan

Wanita

Wanita pixabay

Semua organ tubuh memang patut dijaga, tidak terkecuali dengan kebersihan organ intim beserta rambut kemaluannya sekalipun. Kenapa? Karena jika tidak dijaga kebersihannya, bisa jadi kutu rambut akan hinggap dan menimbulkan rasa gatal yang menyebalkan. Hiii! Berikut informasi selengkapnya!

Umumnya orang hanya mengetahui kutu rambut ataupun kutu beras saja. Padahal ternyata ada pula satu jenis kutu lagi yang sangat pantas diwaspadai yaitu kutu rambut kemaluan. Kutu ini berbentuk seperti kepiting yang dapat hinggap dari tubuh yang satu ke tubuh yang lainnya. Kutu jenis ini biasanya menyerang orang dewasa dengan media penyebaran atau penularannya terjadi melalui kontak seksual. Karena itulah jika anak terinfeksi kutu rambut kemaluan bisa menjadi tanda terjadinya pelecehan seksual pada anak tersebut.

Selain melalui kontak seksual, media penyebaran kutu ini dapat terjadi melalui berbagai benda seperti handuk, pakaian hingga sprei. Karena itulah jangan sembarangan memakai handuk orang saat bertamu. Pastikan apa yang Anda kenakan dalam kondisi bersih. Meski demikian, kutu ini tidak dapat menular melaui toilet umum. Hal ini dikarenakan kutu jenis ini tidak memiliki kaki yang dapat bertahan di permukaan yang licin. Selain itu kutu rambut kemaluan juga tidak dapat hidup jauh dari hangatnya tubuh manusia.

Sayangnya jika Anda lalai menjaga kebersihan, makhluk mungil ini tidak hanya hinggap, namun bisa menimbulkan rasa gatal dan infeksi di sekitar area rambut kemaluan. Tidak hanya itu, kutu rambut kemaluan juga bisa menyebarkan telurnya di sekitar rambut kemaluan Anda. Dan meskipun namanya kutu rambut kemaluan, kutu jenis ini juga dapat pula berada di alis, ketiak, bulu kaki, kumis, janggut ataupun bulu mata.

Salah satu ciri terdapatnya kutu jenis ini adalah rasa gatal pada organ intim, dimana rasa gatal tersebut akan semakin menjadi saat malam tiba. Jika ada tanda tersebut, bisa jadi ANda telah terinfeksi kutu rambut emaluan. Biasanya rasa gatal akan muncul selama 2 hingga 4 minggu setelah terinfeksi. Selain rasa gatal, bisa jadi ada luka bekas gigitan di sekitar organ intim. Jika Anda terinfeksi kutu ini saat telah menikah, maka jangan lupa untuk memberitahu pasangan Anda. Siapa tahu ia juga membutuhkan perawatan yang sama.

Wanita

Wanita pixabay

Jika terinfeksi kutu jenis ini maka segeralah untuk berkonsultasi dengan dokter yang dipercaya. Dokter akan memberikan solusi terbaik sesuai dengan kodisi Anda. Selain itu segera bersihkan pakaian, sprei dan handuk Anda dengan sabun dan air hangat yang setidaknya bersuhu 54°C atau lebih lalu keringkan dengan suhu panas selama 20 menit. Selain itu jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan tubuh, organ intim hingga tempat tinggal secara rutin. Be clean, be healthy!

Baca juga:

Kenali Lebih Dalam Kondisi Vagina Anda!

Cara Menjaga Kesehatan Vagina

Mengenal Douching, Sebuah Cara untuk Membersihkan Bagian Dalam Vagina

Komitmen kami adalah memberikan informasi dan tips seputar kesehatan untuk Anda sekalian. Silahkan sebarluaskan informasi yang ada dalam web ini dengan menyarankannya kepada orang di sekitar Anda untuk membacanya. Dengan menyebarkan informasi kesehatan yang ada di web ini berarti Anda sudah berbagi kebaikan dengan sesama.

Sumber: www.alodokter.com

Facebook Twitter Google Digg Whatsapp LinkedIn Reddit StumbleUpon Email

Add Your Comment