Selalu Ingin Makan Terus? Mungkin Anda Mengalami Gangguan Binge Eating Disorder

Binge Eating Disorder

Binge Eating Disorder medscape

Binge eating disorder merupakan gangguan makan yang menyebabkan seseorang mengkonsumsi makanan berlebih secara teratur, setidaknya sekali seminggu selama tiga bulan atau lebih. Jadi kondisi binge eating disorder tidak sama dengan makan berlebihan sekali waktu, seperti saat datang di sebuah pesta ataupun perayaan tertentu saja. Orang yang mengalami binge eating disorder akan merasa tidak dapat mengontrol seberapa banyak porsi makannya. Dengan demikian, kondisi ini seakan sudah menjadi kebiasaan yang sulit dikontrol.

Siapa saja yang beresiko terkena gangguan binge eating disorder ini, tanpa memandang usia, jenis kelamin, ras ataupun berat. Gangguan makan yang satu ini diyakini sebagai gangguan makan yang paling umum terjadi di Amerika. Dari sekitar 6 juta orang Amerika, tercatat 2% laki-laki dan 3,5% perempuan memiliki kondisi ini. Pada pria, gangguan ini lebih sering terjadi di usia pertengahan. Selain itu, remaja juga dapat mengalami gangguan  binge eating disorder. Tercatat ada sekitar 1,6% remaja yang mengalami gangguan makan ini.

Sekitar dua per tiga orang dengan binge eating disorder dapat mengalami obesitas. Seperti yang telah diketahui bersama, orang dengan obesitas beresiko memiliki masalah kesehatan seperti penyakit yang  terkait kesehatan jantung, tekanan darah tinggi dan diabetes tipe 2. Tak hanya itu, orang dnegan binge eating disorder juga dapat memiliki masalah kesehatan emosional atau kesehatan mental lainnya seperti depresi, kecamasan, gangguan bipolar ataupun penyalahgunaan obat. Selain itu, penderita juga rentan terhadap stres, sulit tidur atau merasa malu dengan bentuk tubuh.

Sayangnya hingga kini penyebab terjadinya binge eating disorder belum diketahui secara pasti. Ada asumsi bahwa ganggguan ini terjadi akibat campuran beberapa faktor seperti gen, kondisi psikologi hingga latar belakang. Bagi seseorang yang esktra sensitif terhadap bau atau gambar makanan juga rentan terhadap kondisi binge eating disorder. Selain itu, stres atau trauma juga dapat menjadi salah satu pemicunya.

Binge Eating Disorder

Binge Eating Disorder foxnews

Langkah pertama pemulihan penderita binge eating disorder dapat dilakukan dnegan mendapatkan diagnosis yang benar atas kondisi tubuh pasien. Hal ini dapat dilakukan dengan pemeriksaan pada dokter atapun psikiater. Salah satu terapi yang dilakukan adalah cognitive behavioral therapy (CBT). Terapi ini bertujuan untuk mengubah pola pikir negatif yang memicu terjadinya makan berlebih. Apakah Anda memiliki pengalaman serupa?

Baca juga:

Vitamin dan Nutrisi yang Dapat Membantu Menurunkan Berat Badan

Penyebab Terjadinya Kentut Secara Terus-menerus

Makanan yang Akan Melindungi Kulit dari Sinar Matahari

Komitmen kami adalah memberikan informasi dan tips seputar kesehatan untuk Anda sekalian. Silahkan sebarluaskan informasi yang ada dalam web ini dengan menyarankannya kepada orang di sekitar Anda untuk membacanya. Dengan menyebarkan informasi kesehatan yang ada di web ini berarti Anda sudah berbagi kebaikan dengan sesama.

Sumber: www.webmd.com

Facebook Twitter Google Digg Whatsapp LinkedIn Reddit StumbleUpon Email

Add Your Comment