Resiko Terkena Eksim dari Hewan Peliharaan

Hewan Peliharaan

Hewan Peliharaan animalfair

Anjing merupakan salah satu hewan peliharaan populer kedua selain kucing. Selain dapat dijadikan teman, anjing dapat membantu menjaga rumah. Namun demikian, seperti halnya beragam hewan peliharaan lainnya, memelihara anjing tetap memiliki resiko tersendiri. Salah satunya adalah resiko terkena penyakit eksim. Eksim atau yang dikenal pula dengan nama Dermatitis ini adalah sebuah istilah kedokteran untuk kelainan kulit dimana kulit terlihat meradang dan iritasi. Penyakit ini bisa terjadi di bagian tubuh mana saja, namun yang paling sering terkena eksim adalah bagian tangan atau kaki.

Para peneliti dari University of Cincinnati and Cincinnati Children’s Hospital Medical Center menemukan bahwa anak yang memiliki anjing di satu tahun pertama memiliki resiko empat kali lipat terkkena eksim. Hasil ini didapat ketika membandingkannya dengan anak yang alergi terhadap anjing namun tidak memiliki anjing di lingkungan rumah dan sekitarnya. Penelitian ini didasarkan pada catatan dari 636 anak yang memiliki riwayat alergi dan polusi jangka panjang.

Namun demikian resiko terkena penyakit eksim tidak hanya menimpa pada orang yang memelihara anjing saja. Kucing juga dapat menimbulkan penyakit serupa. Anak dengan alergi kucing uang memiliki kucing di tahun pertama memiliki resiko 13 kali lebih banyak terkena eksim. Karena hal ini, Anda wajib menjaga kebesihan hewan peliharaan setiap harinya. Begitu pula dengan kebersihan anak dan tempat tinggal serta kandang hewan.

Ada beberapa alasan yang menjadikan hewan peliharaan sebagai salah satu faktor yang dapat meningkatkan kemungkinan terjadinya eksim. Salah satu alasan yang dikemukakan terkait dengan kebiasaan kencing ataupun buang air besar (BAB) hewan itu sendiri. Anjing biasanya melakukan dua kegiatan tersebut di luar rumah. Sebaliknya, kucing kerap melakukannya di dalam rumah. Kebiasaan inilah yang dapat meningkatkan resiko terkena eksim pada orang yang menjadikan kucing sebagai hewan peliharaan. Jadi jika Anda memiliki hewan peliharaan, pastikan kebersihan hewan, kandang, rumah serta seisi penghuni rumah ya!

 Baca juga:

Anjing

Anjing stanfordflipside

Cara Mengurangi Alergen Pada Hewan Peliharaan

Mengenal Gejala dan Penanganan Diabetes pada Kucing

Penyebab Seseorang Kerap Digigit Nyamuk

Komitmen kami adalah memberikan informasi dan tips seputar kesehatan untuk Anda sekalian. Silahkan sebarluaskan informasi yang ada dalam web ini dengan menyarankannya kepada orang di sekitar Anda untuk membacanya. Dengan menyebarkan informasi kesehatan yang ada di web ini berarti Anda sudah berbagi kebaikan dengan sesama.

Facebook Twitter Google Digg Whatsapp LinkedIn Reddit StumbleUpon Email

Add Your Comment