Penyebab Osteoarthritis dan Cara Penanganannya

| Posted : 09 May 2015 | Obat dan Penyakit No comments
Ilustrasi Osteoarthritis

Ilustrasi Osteoarthritis windmillhealthcenter

Osteoarthritis merupakan kondisi radang pada sendi ataupun kerusakan pada tulang rawan sendi. Penyakit ini dapat terjadi pada seluruh sendi, baik sendi kecil ataupun sendi besar yang berada diantara dua tulang. Namun demikian, bagian yang paling sering terkena osteoarthritis tentu saja bagian lutut dan panggul. Dua bagian yang menahan beban tubuh.

Seperti halnya penyakit lainnya, osteoarthritis dibagi dalam beberapa tingkatan. Pada stadium awal, penanganan osteoarthritis dilakukan dengan menyuntikkan obat tertentu. Nama obat yang diinjeksikan ini umumnya adalah asam heronoik. Obat ini  dapat dibuat dengan bahan yang berbeda-beda. Ada yang dibuat dari jengger ayam, ada pula yang dibuat dari bahan sintetik ataupun organik. Tujuan dari penyuntikan ini tidak lain untuk menambah cairan. Meski demikian, perlu diketahui bahwasanya pada lutut normal memiliki cairan lutut yang bernama cairan sinofium. Cairan normal pada lutut dihasilkan oleh sinufium-sinufium pada kapsul sendi.

Cairan sinofium memiliki fungsi sebagai pelumas sendi sehingga pergelangan dapat bergerak dengan lembut. Sebaliknya, cairan sinofium juga dapat mengalami kelebihan produksi. Jika Anda mengalami kondisi yang demikian, maka jangan melakukan penginjeksian cairan, namun sebaliknya, kelebihan cairan ini harus disedot. Satu yang perlu dipastikan, penyuntikan cairan ini tentunya harus masuk ke dalam sendi tepat. Jika salah, maka penginjeksian cairan akan sia-sia. Selain itu penginjeksian yang tidak tepat sasaran dapat menimbulkan rasa nyeri.

Ilustrasi Osteoarthritis

Ilustrasi Osteoarthritis osteoplushealth

Perlu diketahui bahwasanya penyuntikan cairan ini memberikan efek yang cukup efektif pada penderita osteoarthritis stadium 1 dan 2. Untuk penyakit osteoarthritis stadium 3 dan 4, metode injeksi ini sudah tidak efisien lagi. Satu lagi yang perlu diketahui, osteoarthritis tidak ada obatnya. Proses penanganan yang dilakukan bertujuan untuk mengembalikan fungsi sendi ke tahap yang lebih baik.

Karena merupakan penyakit yang belum ada obatnya, langkah pertama yang dapat dilakukan adalah dengan mengurangi resiko terjadinya osteoarthritis. Karena bertambahnya umur dan faktor keturunan tidak dapat dihindari, Anda dapat mengurangi terjadinya osteoarthritis dengan menjaga pola hidup sehat agar tetap dapat mempertahankan berat badan ideal. Selain itu menghindari aktivitas fisik yang dapat menyebabkan cidera juga merupakan aktivitas bijak yang dapat Anda lakukan untuk meminimalisir terjadinya osteoarthritis. Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Yuk Cari Tahu Tentang Rheumatoid Arthritis di Sini!

Enam Nutrisi Penting untuk Tulang Kuat

Ternyata Kondisi Sepatu Juga Mempengaruhi Kesehatan Lho!

Komitmen kami adalah memberikan informasi dan tips seputar kesehatan untuk Anda sekalian. Silahkan sebarluaskan informasi yang ada dalam web ini dengan menyarankannya kepada orang di sekitar Anda untuk membacanya. Dengan menyebarkan informasi kesehatan yang ada di web ini berarti Anda sudah berbagi kebaikan dengan sesama.

Sumber: www.medistra.com

Facebook Twitter Google Digg Whatsapp LinkedIn Reddit StumbleUpon Email

Add Your Comment