Penyebab Munculnya Keinginan BAB Setelah Minum Kopi

Kopi

Kopi pixabay

Mungkin Anda pernah mendengar pernyataan keinginan buang air besar (BAB) yang dikait-kaitkan usai konsumsi kopi seperti “Ternyata minum kopi bikin lancar BAB lho!”. Selain menyebabkan seseorang menjadi lebih sering buang air kecil, kopi ditengarai mampu menimbulkan keinginan untuk BAB. Pernahkah Anda memikirkan apa penyebabnya? Berikut informasi selengkapnya!

Kopi memang asyik dikonsumsi di berbagai aktivitas tertentu. Saat pagi hari misalnya. Bahkan ada pula yang sengaja meminumnya supaya bisa lancar saat BAB. Intinya agar perut tidak membawa “sampah” di pagi hari. Kalau sudah lancar tentu rasa begah di perut akan hilang sendirinya.  Presentasi menjadi lancar karenanya.

Terkait hal kopi sebagai pemantik keinginan BAB, pada beberapa orang yang sensitif, minum kopi akan memiliki dampak seperti pencahar. Tentu kita sudah tidak asing lagi dengan istilah pencahar bukan? Sebuah istilah untuk menyebut bahan pelancar BAB. Ternyata kandungan kafein di dalam kopi dapat merangsang otot-otot di usus.

Selanjutnya hal ini dapat menyebabkan kontraksi yang pada akhirnya dapat membuat seseorang memiliki keinginan untuk buang air besar. Meski demikian, bukan hanya kopi saja yang dapat memicu keinginan Anda untuk BAB. Berbagai kandungan lain dalam sajian kopi seperti seperti susu, gula berlebih dan pemanis buatan seperti sorbitol juga dapat menjelma menjadi penyebab datangnya hasrat BAB.

Sayangnya masih ada pula orang yang tidak atau belum menyadari bahwa ia masuk kategori tidak toleran terhadap laktosa. Sebuah kondisi dimana sistem pencernaan seseorang tidak dapat mencerna laktosa. Mungkin karena keterbatasan pengetahuan, masih ada pula orang yang mengalami laktosa intoleran namun tetap menambahkan susu saat mengkonsumsi secangkir kopi favorit. Bahkan mungkin masih ada yang menyalahkan kopi atas gangguan pencernaan yang terjadi.

Kopi

Kopi pixabay

Untuk mendapatkan manfaat terbaiknya, bahan makanan memiliki batas konsumsi hariannya maisng-masing. Tidak terkecuali dengan kopi. Batasan konsumsi harian kopi adalah 2 hingga 3 cangkir per hari atau setara dengan 400 miligram kopi. Bagaimana dengan pengalaman Anda saat mengkonsumsi minuman hitam beraroma tajam ini?

Baca juga:

Dampak Buruk Minum Kopi di Pagi Hari

Minum Kopi dengan Cara Ini Agar Tetap Sehat

Apakah Kopi Dapat Melawan Datangnya Penuaan Dini?

Komitmen kami adalah memberikan informasi dan tips seputar kesehatan untuk Anda sekalian. Silahkan sebarluaskan informasi yang ada dalam web ini dengan menyarankannya kepada orang di sekitar Anda untuk membacanya. Dengan menyebarkan informasi kesehatan yang ada di web ini berarti Anda sudah berbagi kebaikan dengan sesama.

Sumber: health.liputan6.com

Facebook Twitter Google Digg Whatsapp LinkedIn Reddit StumbleUpon Email

Add Your Comment