Penyakit yang Kerap Menyerang Selama Musim Hujan

Gigitan Nyamuk

Gigitan Nyamuk bancmedia

Penyakit bisa datang kapan saja dan dimana saja, termasuk saat musim hujan tiba. Perlu dipahami bahwasanya penyakit musiman ini dipengaruhi oleh berbagai faktor. Salah satunya adalah faktor lingkungan, apalagi yang erat kaitannya dengan siklus hidup si pembawa penyakit. Nyamuk Aedes aegypti misalnya. Seperti yang sudah banyak diketahui, di musim penghujan rentan dengan peningkatan jumlah genangan air bersih.

Genangan air pun bisa terjadi di beberapa lokasi yang jauh dari jangkauan orang. Karena itulah demam berdarah menjadi salah satu penyakit yang kerap terjadi saat musim hujan tiba. Meski demikian, penyakit ini sejatinya bisa terjadi kapan saja, asal nyamuk bisa mendapatkan tempat berkembang serta memiliki kesempatan untuk menginfeksi manusia. Oleh karena itu kebersihan lingkungan patut dijaga setiap harinya. Selain itu sering-seringlah menguras tempat penampungan air dan segera mengubur barang-barang bekas yang berpotensi sebagai tempat menggenangnya air.

Selain demam berdarah, ada beragam pula penyakit lain yang perlu Anda waspadai. Leptospirosis misalnya. Penyakit ini merupakan penyakit yang disebabkan oleh air seni binatang, utamanya adalah tikus. Media penularan kuman leptospirosis tidak lain adalah air yang telah terkontaminasi oleh kuman leptospirosis itu sendiri. Infeksi dapat terjadi melalui kontak dengan kulit dan selaput lendir dengan air yang telah terkontaminasi.

Tak hanya itu, tanah lembab dan lumpur yang telah terkontaminasi pun juga bisa menjadi media penyebaran penyakit ini. Hiii! Beberapa gejala yang ditimbulkan dari penyakit leptospirosis diantaranya adalah demam tinggi, sakit kepala, menggigil, nyeri otot, muntah,, sakit perut diare serta ruam. Selain itu demam tifoid juga menjadi salah satu penyakit yang rentan terjadi di musim penghujan.

Ilustrasi Demam

Ilustrasi Demam travelreadymd

Demam tifoid atau yang dikenal dengan nama tipus merupakan penyakit yang disebabkan oleh bakteri Salmonella typhi. Penyebab penularan penyakit ini biasanya terjadi karena mengkonsumsi makanan dan minuman yang tidak higienis. Salah satu gejala penyakit tipus antara lain terjadinya demam, dimana suhu tubuh biasanya meningkat pada sore dan malam hari. Selain itu sakit kepala, mual, muntah, menurunnya nafsu makan, sakit perut, diare pada anak ataupun sembelit pada orang dewasa dapat menjadi gejala lain dari penyakit ini.

Baca juga:

Penyakit Kulit Eksim

Serba-Serbi Penyakit yang Disebabkan Oleh Jamur

Cara Alami Menghilangkan Sakit Tenggorokan

Komitmen kami adalah memberikan informasi dan tips seputar kesehatan untuk Anda sekalian. Silahkan sebarluaskan informasi yang ada dalam web ini dengan menyarankannya kepada orang di sekitar Anda untuk membacanya. Dengan menyebarkan informasi kesehatan yang ada di web ini berarti Anda sudah berbagi kebaikan dengan sesama.

Sumber: meetdoctor.com

Facebook Twitter Google Digg Whatsapp LinkedIn Reddit StumbleUpon Email

Add Your Comment