Pemicu Serangan Jantung di Usia Muda!

| Posted : 31 May 2016 | Obat dan Penyakit No comments
Ilustrasi Serangan Jantung

PainIlustrasi Serangan Jantung www.huffingtonpost.com

Kasus kematian artis muda berusia 22 tahun, Irene Justine tentu masih lekat di ingatan. Pasalnya selain masih muda, tubuh artis cantik ini tergolong kurus. Selain itu jika diintip dari akun instagramnya, Irene juga pernah memposting video saat ia sedang berolahraga di pusat kebugaran. Lalu apa saja faktor pemicu serangan jantung bisa terjadi di usia muda? Berikut beberapa diantaranya!

Obesitas

Jika dibandingkan dengan orang bertubuh kurus, orang bertubuh gemuk kerap dikaitkan dengan resiko lebih tinggi terkena serangan jantung. Karena itulah sebagian orang rela melakukan olahraga dan diet untuk mengembalikan agar berat badan berada dalam kisaran normal. Ukuran tubuh seseorang dapat dilihat dari body mass indeks-nya.

Tekanan Darah Tinggi

Tekanan darah tinggi atau yang dikenal dengan istilah hipertensi ditengarai menjadi salah satu penyebab timbulnya serangan jantung. Karena itulah penting untuk mengecek tekanan darah secara rutin. Apalagi gejala hipertensi sering tidak terdeteksi. Tekanan darah normal saat istirahat berada pada kisaran 100-140 mmHg untuk sistolik (atas) dan 60-90 mmHg untuk diastolik (atas).  Seseorang dikatakan mengalami hipertensi jika terus-menerus memiliki tekanan darah sebesar 140/90 mmHg atau lebih.

Faktor Genetis

Ilustrasi Serangan Jantung

Ilustrasi Serangan Jantung www.familyheritagelife.com

Seperti halnya penyakit hipertensi, ternyata kematian akibat serangan jantung mendadak juga bisa disebabkan karena memiliki riwayat penyakit keluarga yang serupa. Karena itulah penting untuk melihat riwayat penyakit yang terdapat di keluarga Anda. Hal ini berlaku baik pada orang berstatus single ataupun mereka yang akan merencanakan pernikahan. Bagaimanapun juga memiliki buah hati merupakan salah satu hal yang paling dinanti usai menikah.

Gaya Hidup Tidak Sehat

Beberapa aktivitas seperti makan berlebihan dan juga merokok dapat mempengaruhi tekanan darah seseorang. Untuk menjaga pola makan seimbang, batasilah konsumsi garam, gula dan lemak harian Anda. Sedangkan pada rokok, kandungan nikotin ditengarai dapat menyebabkan terjadinya penyempitan pembuluh darah. Penyempitan ini dapat menjadi faktor pemicu serangan jantung mendadak. Yuk mulai gaya hidup sehat dari sekarang!

Baca juga:

Tips Berolahraga yang Baik untuk Jantung

Durasi Tidur Mempengaruhi Kesehatan Jantung

Tidur Siang Ternyata Membantu Fungsi Jantung Lho!

Komitmen kami adalah memberikan informasi dan tips seputar kesehatan untuk Anda sekalian. Silahkan sebarluaskan informasi yang ada dalam web ini dengan menyarankannya kepada orang di sekitar Anda untuk membacanya. Dengan menyebarkan informasi kesehatan yang ada di web ini berarti Anda sudah berbagi kebaikan dengan sesama.

Sumber: health.liputan6.com dan kesehatanmuslim.com

Facebook Twitter Google Digg Whatsapp LinkedIn Reddit StumbleUpon Email

Add Your Comment